Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siap Siaga Hadapi Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:16:35Z

Musim Pancaroba merupakan masa peralihan antara dua musim utama yang terjadi di daerah iklim muson seperti yang terjadi di wlayah Asia Tenggara salah satunya di Indonesia. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa musim pancaroba biasanya terjadi dua kali dalam setahun, pertama terjadi di bulan Oktober sampai bulan Desember dan yang ke dua terjadi di bulan Maret sampai bulan April.

Dalam situasi cuaca yang kurang stabil di musim pancaroba ini dapat menyababkan daya tahan tubuh menjadi lemah yang pada akhirnya membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Sikap waspada dan kehati-hatian terhadaap potensi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini perlu di tingkatkan lagi karena dampak dari musim pancaroba ini sangat berpengaruh bagi kehidupan kita. Cuaca ekstrem ini bukan hanya berdampak pada Kesehatan tetapi berdampak juga pada sektor pertanian, perekonomian dan yang lainya.

Untuk mengahadapi situasi seperti ini tentunya banyak sekali yang harus kita persiapkan, salah satunya yaitu mempersiapkan diri supaya tetap hidup sehat dan tidak mudah terserang penyakit walaupun dalam keadaan cuaca seperti saat ini. Penting sekali menjaga pola makan dan memeilih makanan yang sehat agar tubuh kita tetap kuat dan bugar walaupun dalam keadaan cuaca yang tidak menentu, kadang hujan kadang juga panas dengan di sertai angin kencang.

Mengapa di musim pancaroba ini kita harus menjaga pola makan sehat ? sebenarnya menjaga pola makan sehat itu bukan hanya pada musim pancaroba saja tetapi kita harus menjaga pola makan sehat itu dalam kehidupan sehari-hari. Namun untuk lebih meminimalisir kuman penyebab penyakit di musim pancaroba pola makan sehat kita harus lebih di tingkatkan, karena semakin banyak makanan sehat yang kita konsumsi maka akan semakin kuat pula daya tahan tubuh dan tentunya semakin kecil celah masuknya kuman.

Selain menjaga pola makan sehat tentunya perlu di imbangi dengan olahraga dan istirahat yang cukup, tidak harus olahraga yang berat cukup olahraga yang ringan saja yang bisa di lakukan di rumah atau di halaman rumah.

Setelah menjaga pola makan sehat dan di imbangi dengan olahraga ternyata ada yang tidak kalah penting yaiu mengonsumsi vitamin-vitamin yang dapat membantu melindungi dan memperkuat tubuh. Vitamin yang dapat membantu menguatakan imun ternyata dapat kita temui dalam remapah-rempah salah satunya yaitu jahe , jahe bersifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri dengan demikian jahe dapat melindungi tubuh dari racun bahkan virus yang berbahaya.

Kita harus pandai dalam menjaga Kesehatan, karena Kesehatan itu sangat penting. Dalam kondisi apapun dan di manapun kita harus tetap bisa menjaga Kesehatan, apalagi di saat cuaca ekstrem seperti  ini jadi bersiap siagalah dalam menghadapi musim pacaroba.

Sri pujianti nurohmah

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pangalengan, Bandung, Jawabarat

081394569319

sripujiantinurohmah@gmail.com

 

×
Berita Terbaru Update