Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sehat itu Mahal, Mari Cegah Penyakit di Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:52:52Z

Telah kita ketahui bahwa kesehatan sangatlah penting bagi setiap makhluk hidup baik itu manusia, hewan atau tumbuhan. Karena jika kita memiliki tubuh yang sehat maka pikiran akan jernih dan jiwa pun akan tenang. Kalimat "sehat itu mahal" tentunya sudah familiar di sekitar kita karena memang kesehatan itu tidak ternilai harganya. Sebagian orang rela melakukan apa saja dengan berbagai cara demi kesehatan hidupnya. Maka dari itu kita harus melakukan pola hidup sehat apalagi di musim pancaroba. 

Pancaroba atau peralihan musim kerap mendatangkan berbagai macam penyakit akibat faktor perubahan cuaca yang ekstrem, keadaan udara tidak menentu seperti hujan deras disertai angin kencang dan lain sebagainya. Hal itu menyebabkan imunitas atau kekebalan tubuh seseorang akan melemah sehingga rentan terkena penyakit. Perubahan cuaca biasanya memicu pada perubahan suhu dan kelembaban yang menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan. Di musim ini infeksi saluran pada pernapasan sering ditemukan seperti hidung tersumbat, batuk berdahak, pusing, flu dan sering bersin, nyeri otot bahkan disertai demam.

Banyak jenis penyakitnya lainnya yang timbul pada masa ini seperti influenza, demam berdarah dengue (DBD), cikungunya, tifus, asma, diare dan lain sebagainya. Pengobatan penyakit tersebut terbilang mahal haraganya jika dilihat dari segi kedokteran karena pengobatan perlu biaya. Namun baiknya kita mencegah dari pada mengobati dengan menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi. 

Untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh di musim pancaroba, ada beberapa hal dapat dilakukan yang biasanya diaangap sepele salah satunya yaitu menerapkan pola makan yang bergizi dan seimbang seperti lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta mengurangi makanan yang berlemak. Pertahanan sistem kekebalan tubuh juga bisa dilakukan dengan asupan suplemen vitamin baik itu vitamin C, A dan E. Kegiatan lainnya yaitu olahraga teratur sekitar 30 menit per hari, mengendalikan stres dan istirahat yang cukup. 

Oleh karena itu pentingnya menanamkan kesadaran diri untuk mencegah datangnya penyakit terutama di masa pancaroba. Telah kita ketahui bahwa pemulihan kesehatan karena penyakit dapat mengeluarkan banyak biaya apalagi jika mengalami penyakit berat yang membutuhkan penanganan khusus dan obat-obatan tertentu. 

Melakukan pencegahan dan persiapan di bidang finansial sangat dianjurkan sebelum masalah penyakit itu terjadi. Kebiasaan yang buruk seperti menyepelekan penyakit hingga menjadi parah akan membuat masalah finansial bertambah. Lakukan persiapan untuk pencegahan dengan sebaik mungkin untuk mengatasi kemungkinan yang buruk dimasa yang akan datang.

Zennita Meida Abdillah (1204020166)
Mahasiswa KPI 3D 
×
Berita Terbaru Update