Sedikit Simpati untuk Meringankan Korban Bencana


Indonesia kini sedang berduka akibat bencana. Erupsi gunung semeru, gelombang tinggi yang mengakibatkan banjir, dan masih banyak lagi. Semakin hari semakin banyak korban yang berjatuhan akibat dampak bencana ini. Mereka dialihkan ke tempat pengungsian sementara lantaran rumahnya tidak lagi aman.

Melihat bencana alam yang terjadi, sudah semestinya tugas dan fungsi BMKG menyebarkan peringatan kepada warga yang tempat tinggalnya dekat dengan titik terjadinya bencana. Kita juga perlu untuk tahu mitigasi bencana untuk mengantisipasi kepanikan akibat bencana yang terjadi. Karena sebagian besar korban bencana mengalami syok akibat mereka kurang paham apa yang harus mereka lakukan ketika dilanda bencana.

Bencana alam menarik pelajaran pada kita bahwa musibah bisa saja terjadi di sekitar kita tanpa pandang bulu. Mereka yang terdampak menjadi saksi bahwa alam kini sedang menegur kita agar memperbaiki diri, perbanyak berbuat baik dan senantiasa menolong sesama makhluk hidup.

Oleh karena itu, kita harus meluluhkan hati kita untuk bersimpati dan ikut andil dalam menghadapi bencana. Uluran tangan dan sedikit donasi yang kita kumpulkan bisa meringankan beban korban di pengungsian. Sudah saatnya kita menjadi relawan yang peduli terhadap bencana dan kasih sayang sesama makhluk hidup.

 

Ahmad Rifa'i

Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023