Sabar Menghadapi Musibah

KAKIU, 02 Maret 2021
Bersama Dr. H. Mujiyo Nurkholis
Dosen Ilmu Hadits Fakultas Ushuludin UIN SGD Bandung

Dakwahpos.com, Bandung - Kegiatan di Masjid Ikomah Bandung yang berada di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu KAKIKU (Kajian Kitab Kuning), Rabu (02/03/21).

Semenjak pandemi kajian ini dilaksanakan secara virtual menggunakan zoom. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin. Pada minggu ini membahas tentang Kitab Riyadus Solihin Seri ke- 4. Yang disampaikan oleh Dr. H. Mujiyo Nurkholis.

Dalam kajiannya disampaikan bahwa sedikit mengulas bahwa bab sabar yang terdiri dari 29 hadits. Di hadits tersebut banyak menjelaskan bahwa sabar itu harus disertai dengan keimanan. Karena hal itu sudah terjadi semestinya dan hanya orang-orang beriman yang bisa melakukannya.

Salah satu hadits menjelaskan tentang adanya suatu tempat yang Allah swt. turunkan penyakit menular secara skala besar (pandemi). Ini pun terjadi sekarang yang Allah swt. turunkan penyakit untuk satu dunia.

Dalam hadits tersebut Nabi menjelaskan bahwa jika kalian tertimpa penyakit menular, jangan tinggalkanlah tempat itu. Karena, jika suatu tempat yang aman dari penyakit disatukan dengan yang mempunyai penyakit menular akan mengakibatkan penularan kepada yang sehat. 

Jika sedang ditimpa sebuah penyakit menular bersabarlah, karena Allah swt. mencintai orang-orang yang bersabar. Tetapi bersabar disini harus disertai keimanan bukan saja menahan hawa nafsu. Harus mengingat bahwa kita disini hanya sementara tidak ada yang abadi. Ini bisa menjadi tafakur kita selaku manusia hanya seorang Hamba-Nya.

Pada hadits-hadits yang telah disampaikan bisa menjadi tameng kita untuk bisa menjadi lebih sabar. Karena sabar itu tidak ada batasnya.

Dari pemaparan Dr. H. Mujiyo Nurkholis sangat mudah dipahami. Karena beliau menyampaikan dengan secara rinci dari hadits serta tafsirannya.

Reporter : Afip Nurlatifah, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023