Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pesantren Sehat Pada Musim Pancaroba

Sabtu, 18 Desember 2021 | Desember 18, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-18T03:21:23Z

Pesantren Sehat Pada Musim Pancaroba

 

Pada saat terjadi pergantian dua musim atau disebut dengan pancaroba banyak orang sakit, diantara penyakitnya demam, tifus, flu, dan lain-lain. Tidak mengenal usia dan kalangan, siapa saja dapat terkena pengaruh musim pancaroba. Mereka yang terkena penyakit bukan tidak mungkin kurang menjaga kebersihan, imunitas yang kurang dan pola hidup yang kurang sehat.

 

Sebuah perhatian khusus juga mengenai kesehatan santri di Pondok Pesantren saat musim pancaroba. Tak sedikit para santri juga jatuh sakit pada musim ini. Terlebih mereka hidup dan beraktivitas bersama dengan keramaian dilingkungannya.

 

Dr. Bradley chipps mengungkapkan pergantian musim dapat menyebabkan terjadi peradangan di hidung dikarenakan alergi musiman. Sehingga virus menguasai area hidung berakibat system dari kekebalan tubuh itu sibuk untuk menangani alergi tersebut. Daya tahan tubuh yang berfungsi untuk melindungi dari macam penyakit menjadi berkurang.

 

Perubahan musim atau cuaca selalu disertai perubahan tekanan dan suhu. Hal tersebut dapat menyebabkan saluran hidung teriritasi dan terinfeksi menyebabkan menderita pilek. Penelitian juga menemukan bahwa flu dapat berkembang lebih besar pada suhu yang lebih dingin.

 

Santri yang sedang menuntut ilmu di Pondok Pesantren perlu antisipasi agar tidak sakit ketika musim pancaroba agar tidak mengganggu aktivitas belajar atau mengaji mereka. Hal tersebut dapat dilakukan dengan kesadaran pribadi pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, mengonsumsi makanan yang sehat dan bersih, tidur yang cukup dan berolahraga agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

 

Dengan terciptanya Pesantren sehat dapat menciptakan suasana dan generasi santri yang sehat dan berkualitas karena mereka dapat merasakan kenyamanan berada di pesantren walau pada musim pancaroba itu datang mereka perlu edukasi untuk menjaga pola hidup yang baik.

 

Maghrisul Akhiroh Syam

Mahasiswi KPI 3B UIN Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat.

Jl. Sekar Kemuning No. 92 Rt. 02 Rw.03 Kel. Kryamulya Kec. Kesambi Kota Cirebon

085703119298

syamgrish@gmail.com

 

Sent from Mail for Windows

 

×
Berita Terbaru Update