Perlunya Mawas Diri dalam Mengahadapi Musim Pancaroba

Pancaroba merupakan fenomenal alam yang terjadi sekali enam bulan di Indonesia, biasanya setiap kali pancaroba datang banyak dari masyarakat yang terdampak penyakit apalagi dari kalangan anak-anak dan orang tua. Biasanya penyakit yang sering dialami masyarakat berupa flu, batuk, demam bahkan ada yang terkena infeksi pada saluran pernapasan. 
Infeksi pada saluran pernapasan juga sering dialami masyarakat karena perubahan cuaca yang mengakibatkan perubahan suhu dan kelembaban udara di dalam tubuh yang berefek pada saluran pernapasan. Infeksi pada saluran pernapasan dapat dicegah dengan cara menjaga imunitas tubuh seperti memakan makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup dan menjaga kebersihan badan dan lingkungan. 
Penyakit lain yang juga dialami masyarakat adalah influenza. Biasanya yang sering terkena penyakit ini adalah anak-anak. Gejalanya berupa batuk kering, hidung tersumbat dan mudah merasa lelah. Penyakit ini juga dapat dicegah dengan selalu memperhatikan asupan makan yang bergizi dan selalu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.  
Masih banyak penyakit-penyakit lain yang dialami oleh masyarakat akibat musim pancaroba. Dan penyebab terbesar dari penyakit ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat dan kewaspadaan serta minimnya sosialisasi. Sehingga masyarakat lebih sering mengobati daripada mencegah penyakit tersebut. 
Kita mengetahui bahwa kita tidak pernah bisa mencegah terjadinya musim pancaroba ini,  tapi kita bisa mencegah dampaknya dengan cara meningkatkan kewaspadaan, menjaga kebersihan badan dan lingkungan dan melakukan sosialisasi yang baik supaya masyarakat bisa terbantu dalam mengahadapi musim pancaroba ini. 


Gina Nabillah 
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati  Bandung 
Agam, Sumatera Barat 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023