Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perkuat Imunitas Tubuh di Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:15:36Z

Musim pancaroba yaitu keadaan musim yang berubah-ubah sehingga cuaca tidak menentu. Musim ini biasanya terjadi pada bulan Maret sampai April (yang merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau) dan pada bulan Oktober sampai Desember (peralihan dari musim hujan ke musim kemarau). Musim pancaroba ditandai dengan angin kencang, hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat, puting beliung, udara yang terasa panas, serta arah angin yang tidak teratur.

Musim pancaroba dapat memicu berbagai jenis penyakit seperti flu, batuk, tipes, DBD, gangguan saluran pencernaan, dsb. Hal ini dapat terjadi karena turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembapan udara, atau turunnya suhu udara secara tiba-tiba.

Di musim pancaroba ini tidak sedikit orang yang khawatir terhadap kesehatannya terlebih masih dalam masa pandemi covid-19. Untuk itu memperkuat imunitas tubuh sangat diperlukan agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga imunitas tubuh diantaranya tubuh harus cukup terhidrasi agar fungsi dalam tubuh dan sistem imunitas dapat terjaga dengan baik. Selain itu, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Tidak lupa juga minum secukupnya agar tidak mengalami dehidrasi sehingga daya tahan tubuh tidak mengalami penurunan.

Selain asupan nutrisi yang baik, juga istirahat yang cukup sangat diperlukan, sedangkan pada malam hari tidurlah dengan kurun waktu 8 jam. Rutin lakukan olahraga pun diperlukan, namun apabila kondisi tubuh dalam keadaan lelah atau sedang sakit, disarankan untuk tidak memaksakan berolahraga yang berat karena dengan adanya tubuh kita yang sedah melemah, menjadikan imunitas tubuh melemah yang dikhawatirkan berbagai penyakit masuk dengan mudah menyerang tubuh. Maka disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai atau jogging ringan secara rutin.

Masa pandemi covid 19 belum berakhir, dan kini masyarakat dihadapi dengan tantangan baru yaitu musim pancaroba. Maka dibutuhkan pencegahan secara maksimal agar imunitas tetap terjaga dengan baik.

Oleh karena itu, diharapkan selalu terapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 5M yakni, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. Selain itu hendaknya bagi yang sudah memenuhi syarat untuk melakukan vaksinasi dan dapat segera melakukan vaksinasi yang sudah disediakan di Puskesmas, Balai Desa setempat, atau tempat lainnya yang sudah menyediakan vaksin. Apabila sedang mengalami flu atau batuk, selain mengkonsumsi makanan yang dapat menumbuhkan kekuatan pada imunitas, juga berjemur pada pukul 9 pagi dapat dilakukan.

Memperkuat imunitas dengan berbagai cara ini sangat penting diterapkan pada musim pancaroba, terlebih dengan covid 19 yang masih diwaspadai. Memperkuat imunitas tubuh dan selalu menjaga kesehatan tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain terutama yang ada di lingkungan sekitar.

Oleh: Wafiq Nur Agniati.

Mahasiswa KPI III D, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

×
Berita Terbaru Update