Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perbanyak Mengkonsumsi Makanan Sehat Saat Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:45:45Z



Perubahan cuaca yang kadang tidak menentu kini suka terjadi di Negara Indonesia yang merupakan negara tropis, maka tidak heran jika terjadinya perubahan kondisi cuaca yang relatif lebih cepat, sehingga Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

Sebagian besar Indonesia telah memasuki peralihan musim sejak akhir Maret 2021. Perairan Teluk Jakarta, pada Minggu ( 10/01/2021) disemuti cuaca ekstrem yang mana sangat berbahaya bagi pelayaran dan penerbangan. Dengan demikian, pada saat musim pancaroba kondisi iklim memang tidak menuntu, paginya hujan, sore panas dan malamnya hujan lagi. Sehingga membuat suhu udara dan lingkungan menjadi lembab.

Cuaca yang tidak menentu menimbulkan ketidak nyamanan bagi kondisi tubuh dan moodnya berkativitas, sehingga daya tahan tubuh menjadi menurun. Oleh karena itu, supaya daya tahan tubuh kita tetap kuat dan terjaga perlu asupan dan nutrisi yang membuat daya tahan tubuh kita menjadi kuat.

Menkonsumsi makanan sehat dan seimbang pada saat musim pancaroba sangatlah penting untuk menjaga daya kekebalan tubuh. Maka, kita harus memperbanyak mengkonsumsi makan sehat tersebut, misalkan: memperbanyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin c seperti: bayam, brokoli, paprika kuning, seledri, kembang kol, karena sayuran-sayuran tersebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah-buahaan juga tentu menjadi bagian penting yang harus dikonsumsi, seperti jeruk, manga, jambu biji, stroberi, papaya, kiwi dan nanas, karena di dalam buah-buahan tersebut mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bisa dikonsumsi secara teratur supaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita. Selain sayuran dan buah-buahan yang mana kaya akan vitamin c-nya, tentu kita juga harus memperbanyak minum air putih, karena meskipun hanya air putih, tetapi sangat bermanfaat bagi tubuh kita, yang mana sangat membantu untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada pada tubuh.

Dengan demikian, tidak bisa kita pungkuri dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, sangatlah bermanfaat bagi kekebalan tubuh kita. Maka, janganlan mengkonsumsi makanan sembarangan supaya tubuh kita tetap sehat dan daya tubuh semakin kuat, meskipun di masa pancaroba. 

Resta Komalasari
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat
081310631586
×
Berita Terbaru Update