Perbaiki perbuatan , dilanda Banjir menjadi penyesalan

Bencana adalah rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat baik yang disebabkan oleh faktor alam atau non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis. Contohnya adalah banjir yang sering kita ketahui bila musim hujan.

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang meluapnya air dan menyebabkan air sungai naik kepemukiman warga. Banjir terjadi ketika saluran air atau sungai tersumbat dan dipenuhi sampah yang menyebabkan jalur jalannya air tersumbat dan meluap. Hal ini bukan hanya terjadi di pemukiman rendah dan banyak penduduk saja. Pemukiman tinggi pun kadang mengalami bencana banjir ini.

Terjadinya banjir tidak luput dari kelalayan manusia. Manusia sering membuah sampah sembarang yang mengakibatkan tersumbatnya jalur air mengalir. Selain itu penebangan pohon pun berpengaruh , karena pohon adalah tumbuhan yang dapat menyerap air. Selain itu banjir juga bisa disebabkan oleh turunnya hujan yang terus menerus hingga air yang berada di sungai meluap dan masuk kepemukiman warga.

Jakarta adalah salah satu daerah yang sering terkena banjir , karena penduduk orang Jakarta sangat lah banyak, sampah-sampah pun berserakan ditepi sungai. Selain itu pepohonan habis karena untuk dibuat menjadi lahan perumahan. Selain daratan rendah , daratan tinggi pun kadang terkena bencana banjir , Bogor lebih tepatnya di Katulampa sering terkena banjir. 

Oleh karena itu , mau kita tinggal didaratan rendah atau pun tinggi perbaikilah perbuatan kita, sering melakukan reboisasi , buang sampah pada tempatnya , dan cintai lingkungan agar bencana banjir atau bencana lainnya tidak akan menimpak kita. Dan bila ada orang yang terkena musibah bencana alam , mari kita bantunya mau itu dalam segi makanan, pakaian ataupun materi.

Mochamad Maulana
Mahasiswa KPI UIN sunan gunung Djati Bandung
BOGOR , kec. BOGOR TIMUR , kel. Katulampa , Jln Katulampa RT 03 RW 09 , kode pos 1614 No rumah 91
089516846820

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023