Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perawatan Budidaya Tanaman di Musim Pancaroba

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:37:03Z


Musim Pancaroba adalah pergantian musim dari kemarau lalu ke musim hujan. Namun musim itu justru sebenarnya mengundang banyak kecemasan, terutama di sektor budidaya tanaman.

Pergantian musim yang ekstrem cenderung mengundang hama tanaman yang bisa merusak tanaman. Sehingga tanaman akhirnya gagal panen.

Beberapa hal yang dapat dilakukan agar tanaman tidak lekas terkena hama tanaman ketika memasuki musim pancaroba yakni tentang pemilihan tempat bercocok tanam dan jenis tanamannya.

Pemilihan tempat bercocok tanam ini berguna untuk bisa memaksimalkan tumbuh kembang tanaman. Sebab, jika tanaman tidak ditanamkan pada tempat yang baik, misalkan jika tanaman itu adalah tanaman yang harus ditanam di daerah perbukitan, maka pilihlah yang sesuai dengan daerah tersebut, dan sebaliknya.

Selanjutnya tentang pemilihan jenis tanaman. Mana sekiranya tanaman yang dapat bertumbuh kembang di musim kemarau dengan baik atau berkembang di musim hujan dengan baik. Semua harus dipikirkan secara matang, agar dapat meminimalisir kerugian perihal gagal panen.

Seringkali petani yang mungkin belum paham tentang bercocok tanam yang baik akhirnya menimbulkan kerugian yang besar. Ini harus menjadi perhatian bagi para petani apalagi yang pemula jika ingin bercocok tanam, segala ilmu terkait hal ini harus diterapkan dengan baik.

Aliyya Ummu Nahda
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update