Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pentingnya Toleransi dalam Kehidupan Bersosial

Selasa, 14 Desember 2021 | Desember 14, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-13T18:55:09Z

Sebagai negara dengan segala keanekaragaman yang ada didalamnya, Indonesia memiliki budaya, agama, ras dan lain sebagainya yang mana harus kita lindungi dan kita jaga kelestariannya. Agama misalnya, di Indonesia sendiri terdapat enam agama diantaranya Islam, Kristen, Buddha, Hindu, Katolik,  dan juga Konghucu. Budayanya yang melimpah baik itu tarian daerah, pakaian daerah, bahasa dan upacara-upacara daerahnya semua itu merupakan keanekaragaman yang tidak bisa kita hindari keberadaannya.

Lalu bagaimana kita sebagai warga negara, khususnya kita para remaja menghadapi keanekaragaman yang ada? Menghadapi hal tersebut pastinya kita mesti bijaksana dalam menyikapinya. Kita hidup di Indonesia dengan segala keanekaragamannya. Yang mana itu semua  sebagai sumber kekayaan yang juga menjadi daya tarik wisatawan asing untuk mengunjungi negara ini.

Oleh karenanya toleransi dalam hal ini sangat diperlukan. Kita tidak bisa memukul rata agar orang lain mengikuti apa yang kita lakukan. Tapi dari keanekaragaman yang ada tersebut harus kita tingkatkan lagi rasa toleransi kita khususnya toleransi beragama. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk mengikuti agama yang kita anut. 

Sikap toleransi rasanya perlu kita tanamkan dalam kehidupan. Karena kita tak jarang berhadapan langsung dengan orang yang berbeda dengan kita baik itu agamanya, budayanya ataupun rasnya. Oleh sebab itu sikap toleransi menjadi suatu hal yang penting dalam menjalani kehidupan sosial.

Toleransi membuat kehidupan bermasyarakat dan bernegara menjadi lebih baik. Toleransi pun bisa menjadi suatu langkah preventif dalam menghindari adanya konflik antar agama ataupun budaya. Jadi marilah kita berusaha dan mengusahakan menghargai setiap perbedaan yang ada dalam kehidupan dengan toleransi. 


Dewi Sri Hardiani

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.

JL. Cipadati, Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

0895608832781

dewisrihardiani29@gmail.com


×
Berita Terbaru Update