Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pentingnya Toleransi Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:49:03Z

Indonesia merupakan negara multikultural dengan berbagai keragaman suku, ras, bahasa dan agama. Keberagaman ini merupakan aset bangsa Indonesia yang harus dijaga dan rawat bersama.

Keberagaman dalam beragama merupakan sebuah kenyataan yang tidak dapat dihindari. Sehingga setiap umat beragama mempunyai kewajiban untuk mengakui sekaligus menghormati agama lain tanpa membeda-bedakan. Hidup berdampingan dengan segala perbedaan menjadi anugerah keistimewaan bangsa Indonesia. Namun, berbagai dinamika sosial hingga politik kerap menyinggung keberagaman dan menggerus semangat menghargai perbedaan.

Jika ada masyarakat yang tidak menjunjung tinggi nilai toleransi, maka tatanan masyarakat tersebut akan rusak. Hal ini bisa dikatakan sesuai dengan fakta yang ada dilapangan, banyak sekali konflik di masyarakat akibat kurangnya rasa toleransi. Apalagi dalam situasi sekarang nilai- nilai toleransi sudah memudar terutama dikalangan milenial yang lebih mengedepankan segala sesuatunya dengan egonya , dan ini yang memicu sehingga generasi milineal mudah terpancing dengan pernyataan dan statmant yang belum jelas.

Toleransi sangatlah penting dalam kehidupan masyarakat, agar tercipta hidup yang aman, damai, dan tentram sentosa.

 

Resti Septianingsih

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update