Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pentingnya Sikap Toleran Terhadap Keberagaman Suku,Agama,Ras,Dan Golongan

Senin, 13 Desember 2021 | Desember 13, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-12T17:14:28Z

Seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan negara lain, dengan keberagaman suku, agama, ras, dan golongan. Untuk itu kita sebagai masyarakat harus memiliki sikap toleransi dalam beribadah pada setiap keyakinan yang ada, dan juga ibadah yang dimana dilaksanakan oleh orang-orang yang memiliki sikap untuk keyakinan mereka dan juga pengambilan agama yang berbeda dengan lainnya.

Di kehidupan yang bernegara saat ini, kita diharuskan memiliki upaya untuk mengedepankan toleransi agar tercipta ketentraman dan kedamaian satu sama lain. Dan juga harus saling menghormati setiap suku yang ada dan juga harkat dan martabat dari manusia lainnya. Serta memberikan sikap untuk semangat akan persaudaraan yang terjalin kepada sesama umat manusia yang dimana memberikan sikap nilai kemanusiaan.

Perbedaan yang kita miliki bisa menjadi penopang yang kuat untuk persatuan bangsa Indonesia. Berbagai konflik yang terjadi bisa kita kurangi dengan adanya sikap toleransi menghargai dan menghormati sesama. Oleh karena itu, baiknya kita sebagai warga negara yang bijak bisa memilih dan melakukan hal yang baik dan menghindarkan hal yang buruk. Sehingga keberagaman di negara Indonesia bisa menjadi pemersatu bangsa, bukan pemecah.

Sebagaimana kita seorang muslim pastinya mengetahui bahwasanya Allah SWT telah mencantat dalam Q.S Al-Kafirun mengajarkan umat muslim agar toleransi dalam beragama, dan juga mengejarkan kita agar teguh dalam memeluk agama.

 Oleh sebab itu, kita sebagai bangsa Indonesia, harus bisa mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.


Safinatunnajah

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat


×
Berita Terbaru Update