Pentingnya Pendidikan Mitigasi Bencana Bagi Masyarakat

Bencana merupakan suatu peristiwa atau kejadian yang dapat datang kapan saja, dampak dari bencana sangat merugikan bagi kehidupan manusia, banyak memakan korban jiwa dan juga orang-orang banyak kehilangan tempat tinggal. Untuk mengurangi dampak risiko bencana diperlukan persiapan sejak dini sebelum datangnya bencana.

Dalam hal ini, mitigasi bencana menjadi suatu upaya yang sangat penting untuk dilakukan oleh masyarakat untuk mengurangi risiko bencana. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu mitigasi bencana. Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai kebencanaan menjadi salah satu permasalahan yang cukup besar di Negara kita ini. sehingga saat terjadi suatu bencana tidak adanya kesiapan dari masyarakat membuat dampak bencana selalu besar dan banyak memakan korban jiwa.

Pendidikan pemahaman mengenai kebencanaan sangatlah penting untuk dilakukan. Melalui pendidikan harapannya masyarakat mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, baik dari pengetahuan, sikap, maupun keterampilannya dalam menghadapi masalah kehidupan sehari-hari. Pendidikan kebencanaan dimaksudkan untuk merubah pengetahuan, sikap, dan keterampilan masyarakat dalam menghadapi bencana.

Perlu kiranya juga pemerintah mensosialisasikan tentang pengurangan risiko bencana atau mitigasi bencana melalui jalur pendidikan. Melalui jalur pendidikan yaitu sekolah diharapkan pihak sekolah memberikan pemahaman kepada para siswa mengenai kebencanaan, agar para siswa dapat mempunyai pengetahuan dan keterampilan mengenai kebencanaan dan mempunyai kesiapan jika suatu saat bencana terjadi. Ini merupakan persiapan dini yang sangat diperlukan untuk mengurangi risiko bencana.

Pendidikan bencana bukan hal lagi yang dapat dianggap remeh, perlu keseriusan dalam menghadapi bencana. Pendidikan sejak dini kepada masyarakat menjadi hal yang paling utama yang dapat kita lakukan. Pengetahuan, sikap, keterampilan kebencanaan pada semua orang menjadi hal yang harus dimiliki. Sehingga ketika bencana terjadi masyarakat sudah memiliki kesiapan tersendiri dalam menghadapinya. Dengan begitu risiko bencana dapat di minimalisir dan kerugian yang didapat akan berkurang.


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023