Pentingnya Menjaga Imun di Tengah Musim Pancaroba

Musim pancaroba merupakan musim yang biasanya identik diikuti dengan berbagai penyakit. Perubahan musim ini erat kaitannya dengan cuaca, yang mana akan memicu terjadinya perubahan baik itu pada suhu atau kelembaban udara yang akan berpengaruh salah satunya pada saluran pernafasan.

Gejala yang terjadi apabila mengenai saluran pernafasan biasanya adalah batuk berdahak, pusing, flu dan bersin, serta hidung tersumbat. Menanggapi hal tersebut perlu disadari bahwa betapa pentingnya untuk menjaga imunitas tubuh kita.

Menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti istirahat yang cukup, menghindari stress, rajin mencuci tangan, dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang bergizi merupakan salah satu faktor penunjang  untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Di tengah musim pancaroba tidak sedikit makanan yang bisa kita konsumsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Diantara makanan tersebut seperti buah-buahan yang mengandung vitamin C, bawang putih, bayam, yogurt, kacang almond, papaya, dan lain sebagainya. 

Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan, karena apabila badan kita sehat segala kegiatan akan dijalankan dengan baik dan nyaman. Musim pancaroba dengan penyakit yang mengikutinya bukanlah hal yang menakutkan. Namun, perlu diingat bahwa menjaga lebih baik dari pada mengobati.



Dewi Sri Hardiani

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.

Jl. Cipadati, Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

0895608832781

Dewisrihardiani29@gmail.com


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023