Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pentingnya Etika dalam Media Sosial

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:28:43Z

Dakwahpos.com, Bandung -Media sosial adalah media online, dengan cara penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi. Perkembangan media sosial akhir-akhir ini sangat pesat. Sehingga menjadi topic hangat untuk dibahas karena banyaknya masyarakat yang menggunakan media sosial namun, kurang memahami makna media itu sendiri.

Media sosial didesain untuk memperluas interaksi sosial manusia dengan menggunakan internet dan teknologi. Media sosial pun mendukung demokratisasi pengetahuan dan juga informasi. Media sosial memungkinkan siswa untuk berekspresi dengan berbagai cara, seperti dengan memposting foto, blog, artikel individu, video, klip audio, dan yang lainnya.

Dampak positif dari media sosial adalah memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak dan waktu bukan lagi masalah, lebih mudah dalam mengekspresikan diri, dan penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Namun begitu, ada dampak negatif yang timbul apabila kita tidak bisa menggunakan media sosial dengan bijak. Dampat tersebut misalnya gangguan kesehatan seperti sakit mata, terpapar konten negatif dan pemberitaan hoaks, menimbulkan gangguan mental, mengganggu relasi di dunia nyata, hingga memicu kejahatan.

Oleh karena itu, alangkah bainya apabila kita mengetahui terlebih dahulu etika apa saja yang harus diperhatikan pada saat menggunakan jejaring sosial. Berikut beberapa hal yang penting mengenai etika bermedia sosial yang perlu diterapkan oleh para netizen, yaitu: etika dalam berkomunikasi, hindari penyebaran SARA, pornografi, dan aksi kekerasan, kroscek kebenaran berita, menghargai hasil karya orang lain, dan jangan terlalu mengumbar informasi pribadi.

Reporter : Al-kindi Nur Fuadi, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update