Pentingnya BIjak Dalam Bermedia Sosial

Perkembangan teknologi dan informasi khususnya media sosial yang saat ini berkembang dengan pesat sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Sekarang media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan usia baik dewasa, remaja, maupun anak-anak.

            Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari media sosial. Berbagai aplikasi di dalam media sosial bisa dimanfaatkan untuk belajar melalui berbagaimacam informasi, data, isu yang termuat di dalamnya. Pada aspek lain, media sosial juga bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain.

            Namun, karena orang yang menggunakan media sosial ini dari semua kalangan usia banyak yang kurang faham akan memanfaatkan media sosial khususnya dari kalangan anak-anak. Banyak dari mereka yang seenaknya berkomentar buruk di media sosial tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi

Banyak dampak negatif lain akibat kurang bijak dalam bermedia sosial adalah  gangguan kesehatan seperti sakit mata, terpapar konten negatif dan pemberitaan hoaks, menimbulkan gangguan mental, mengganggu relasi di dunia nyata, hingga memicu kejahatan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut kita harus memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di media sosial, utamanya terkait berkomentar di postingan orang lain, kiriman, dan hak cipta seseorang. Kita juga harus mengedukasi anak-anak agar mereka tidak salah dalam menggunakan media sosial.

 

 

Febrina Nurul Hidayah

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Alamat Rumah : Dusun Haurduni RT.01/RW.05 Nomor 2 Desa Maja Utara Kabupaten Majalengka

No HP : 0895636886795

Email : febrinanh10@gmail.com

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023