Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pelajari Perbedaan Karantina dengan Isolasi Covid-19

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:50:44Z

Selama pandemi Covid-19 ini sering terdengar kata karantina dan isolasi covid-19. Perlu kita ketahui bahwa pada akhir pekan ini peningkatan kasus positif covid-19 terbilang telah menurun walau tetap ada saja kasus yang terpapar covid-19. Hal ini diakibatkan karena penekanan pemerintah dalam usaha memutus rantai penularan Covid-19 ini, cara yang dilakukan pemerintah dengan mengkarantina orang-orang yang terindikasi melakukan kontak secara langsung dengan orang yang terpapar virus atau orang yang memiliki riwayat berpergian jauh .

Namun apakah kalian tahu perbedaan karantina dan isolasi covid-19? Dalam Keputusan Menteri Kesehatan No. HK.01.07-MENKES-4641-2021 yang mengatur mengenai prosedur karantina dan isolasi dalam penanganan serta pencegahan Covid-19. Karantina sebagai upaya pencegahan untuk memisahkan orang yang terpapar Covid-19, karantina berlaku untuk orang yang mengalami riwayat kontak atau riwayat berpergian ke wilayah yang telah terjadi transmisi komunitas.

Sedangkan isolasi Covid-19 merupakan upaya memisahkan sesorang yang sakit karena terindikasi covid-19 dan membutuhkan perawatan khusus dimana proses penyembuhan atau perawatanya dilakukan secara terpisah dari orang yang sehat bertujuan untuk mengurangi resiko terpapar virus. Bila gejala covid-19 yang dialami terbilang ringan maka lakukan isolasi mandiri dirumah dengan tidak keluar rumah selama 14 hari dan terus menjaga kesehatan tubuh.

Semua ini dilakukan guna menekan turunnya angka penularan Covid-19. Baru-baru ini kita mendengar berita dimana seorang publik figur kabur dari karantina setelah berbergian ke luar negeri, ini merupakan contoh ketidak pedulian seseorang terhadap efek yang diakibatkan ketika dia tidak melakukan karantina. Karena sebenarnya pandemi covid-19 ini akan cepat tertangani bila kita semua ikut berpartisipasi dalam upaya memutus rantai penularan virus.

Untuk itu masyarakat dihimbau agar berhati-hati ketika melakukan aktivitas diluar rumah, selalu terapkan prokes dimanapun dan kapanpun. Dengan demikian kita perlu bahu membahu untuk mencegah penularan Covid-19 ini, dengan saling peduli satu sama lain akan kesehatan masing-masing merupakan salah satu upaya agar mengakhiri masa-masa kelam ini. 
×
Berita Terbaru Update