Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pandemi dan Digitalisasi di Era 5.0

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:25:40Z

 


 

Pandemi sekarang ini sudah banyak menciptakan tatanan baru di kehidupan masyarakat. Masyarakat pada masa sekarang ini tidak bisa dipungkiri merupakan masyarakat 5.0, dimana kemajuan teknologi adalah bagian dari masyarakat itu sendiri.

            Berbicara masalah pandemi dan digitalisasi, tentu kita akan dihadapi pula dengan generasi milenial. Generasi milenial adalah generasi muda sekarang yang akan memimpin bangsa di masa yang akan datang. Maka dari itu generasi milenial harus disiapkan dengan matang agar bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik yaitu kesejahteraan bangsa.

Pendidikan masa Pandemi

            Walaupun banyak sekolah di Indonesia yang sudah melakukan pebelajaran tatap muka terbatas (PTMT), tetap saja pemanfaatan teknologi digital bagi pelajar di Indonesia harus ditingkatkan. Misalnya bisa membuat pembelajaran lebih menarik karena materi yang lebih variatif sehingga bisa meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Ekonomi Digital

            Digitalisasi setidaknya bisa meminimalisir masalah ekonomi Indonesia dikala pandemi. Lewat bantuan UMKM contohnya, masyarakat menengah kebawah bisa menghidupkan kembali semangatnya dalam berusaha. Juga dalam keadaan pandemi, masyarakat masih bisa berjualan dengan sistem online, sehingga usaha bisa tetap berjalan.

Dalam menghadapi era digitalisasi adaptasi adalah hal yang penting untuk kita lakukan, karena apabila kita tidak beradaptasi kita akan tertinggal dalam segala hal. Karena bisa jadi di masa depan tenaga manusialah yang akan digantikan oleh teknologi. Apabila kita tidak beradaptasi, maka mata pencaharian pun akan sulit ditemukan dan kesejahteraan masyarakat pun akan semakin berkurang.

 

Ahmad Rifa'i

Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung, Jawa Barat

×
Berita Terbaru Update