Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pancaroba Singgah Ke Nusantara, Penyakit Diare Ikut Menyapa

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T09:01:46Z


Musim pancaroba mengundang penyakit. Musim pancaroba adalah peralihan antara musim hujan dengan musim kemarau. Ini menyebabkan cuaca kadang mendung, hujan, berangin, atau bahkan sangat panas. Cuaca yang tidak menentu ini biasanya akan mengundang bakteri dan virus untuk menyebabkan infeksi pada tubuh.

Mungkin masyarakat kita bertanya-tanya mengapa pada saat musim pancaroba penyakit diare ikut meningkat? Apakah ada kaitannya?

Korelasi antara musim pancaroba dengan penyakit diare yaitu terletak pada penyebaran virus dan bakteri yang tersebar melalui udara dan menempel di makanan yang terbuka dalam lingkungan yang tidak sehat. Jika makanan itu masuk kedalam tubuh seseorang, maka virus akan menyebar di saluran pencernaan yang mengakibatkan diare.

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum di Indonesia, terutama pada bayi dan anak-anak. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI tahun 2019, jumlah kasus diare di seluruh Indonesia adalah sekitar 7,2 juta jiwa.

Umumnya, diare tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, diare yang tidak kunjung membaik atau memburuk dapat menyebabkan komplikasi yang fatal, jika tidak ditangani dengan tepat.

 

Nurul Alfiani KPI 3C

Mahasiswi UIN Bandung

 

 

×
Berita Terbaru Update