Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pancaroba, Penyakit dan Solusi Mengatasinya

Sabtu, 18 Desember 2021 | Desember 18, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-18T03:21:06Z

Pancaroba merupakan perubahan atau pergantian cuaca dari musim kemarau ke musim hujan. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami pancaroba ini karena merupakan negara yang ber iklim tropis. Iklim tropis memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau biasanya dimulai dari bulan Maret hingga bulan Agustus, sedangkan musim hujan dimulai antara bulan September hingga bulan Februari.

Perubahan cuaca yang dialami secara tiba- tiba ketika pancaroba dapat menimbulkan daya tahan tubuh seseorang menjadi lemah dan menyebabkan datangnya berbagai penyakit. Virus pun akan mudah menyebar ketika terjadinya pancaroba.

Ada berbagai penyakit yang timbul Ketika pancaroba, antara lain; demam berdarah, influenza, panas, meriang, dan batuk. Influenza menjadi penyakit yang biasa dialami oleh bayi maupun anak kecil dikarenakan tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Maka dari itu anak kecil harus diperhatikan agar tidak mudah terkena penyakit.

Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit-penyakit yang timbul dikarenakan perubahan cuaca atau pancaroba adalah dengan makan-makanan empat sehat lima sempurna dan juga bergizi, istirahat yang cukup, jauhi dan hindari stress, dan rajin olahraga. Selain itu vaksin pun dapat mencegah penyakit-penyakit menyerang tubuh kita.

Pada intinya kita harus bisa menjaga tubuh tetap kuat dan fit agar kita tidak mudah ataupun rentan terkena penyakit yang ditimbulkan Ketika pancaroba ini. Karena penyakit akan mudah menyerang apabila tubuh kita lemah dan nutrisi harian tidak tercukupi.

 

Muhammad Fikri Salam

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Griya Cempaka Arum F2 no 5 RT 05 RW 05

Rancanumpang-Gedebage-Kota Bandung

085794130855 / fikrisalam666@gmail.com

×
Berita Terbaru Update