Pancaroba Datang, Virus dan Bakteri Girang

Pancaroba datang, virus dan bakteri girang. Sebuah ungkapan yang penulis buat karena di musim pancaroba ini banyak sekali orang-orang yang terkena penyakit ringan karena cenderung sepele dengan kesehatan dan imunitas dirinya, padahal pada musim pancaroba ini banyak virus dan bakteri yang sangat senang hinggap di sana-sini mencari sasaran empuk yaitu orang dengan sistem imunitas yang lemah. Virus dan bakteri pada musim pancaroba cenderung mudah sekali berkembang dan bermutasi terlebih kita sedang ada di masa pandemic covid-19 yang tak kunjung usai ini. Tentu akan lebih banyak virus yang bisa hinggap bersemayam di tubuh kita jika kita tak menjaga asupan makan juga imun yang tepat.

Di musim pancaroba terkadang banyak juga orang yang menyepelekan penyakit-penyakit ringan yang padahal jika dibiarkan bisa saja malah lebih berbahaya lagi. Terlebih intensitas hujan dan juga panas terik yang kerap bergantian secara tak menentu dapat dengan mudah menurunkan sistem imun seseorang sehingga bisa terjerat penyakit.

Dari sekian banyak penyakit-penyakit yang dianggap ringan mulai dari pilek, flu, batuk hingga sakit tenggorokan. Meskipun semua penyakit tersebut dapat diobati dengan mudah, gejala yang ditimbulkan tetap saja mengganggu kenyamanan Anda untuk beraktivitas.

Dari penyakit-penyakit itu saja virus bisa berkembang dan bermutasi menjadi penyakit yang lebih berbahaya yaitu tipes atau demam typhoid. Semua orang bisa saja terkena penyakit tipes dengan mudah dari pekerja kantoran, sampai anak kecil yang main hujan-hujanan pun bisa terkena penyakit itu.

Maka dari itu para orang tua, dewasa maupun remaja kiranya harus menjaga diri dan asupan pola makan demi menjaga imunitas tubuh agar mampu berperang melawan virus dan bakteri yang girang. Lalu apa saja upaya yang bisa kita lakukan demi menjaga tubuh dari serangan penyakit di musim pancaroba ini?

Banyak hal yang bisa kita lakukan demi upaya menjaga tubuh dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja. Mulai dari perbanyak minum air putih, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, berolahraga rutin, minum vitamin, menjaga kebersihan dan mengelola stress. Itu dia kiat-kiat yang bisa dilakukan dalam upaya mencegah virus dan bakteri yang girang kala pancaroba datang, tentu kita tak boleh lupa untuk senantiasa beribadah dan berdoa demi melengkapi usaha kita dalam meningkatkan imunitas tubuh kita karena "lebih baik mencegah daripada berobat" bukan? Tentu iya.


Muhammad Farhan Yazid

Mahasiswa UIN Sunan Gununng Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023