Opini : Menjaga Kesehatan Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Di Indonesia, saat ini kita berada pada musim peralihan dari musim panas ke musim hujan. Di musim pancaroba ini identik dengan hadirnya berbagai macam penyakit karena perubahan cuaca. Misalnya dalam satu hari yang tadinya sedang panas tiba-tiba hujan atau bahkan hujan dengan adanya panas matahari. Tetapi kita tidak bisa menyalahkan musim pancaroba yang identik dengan hadirnya berbagai macam penyakit. Kita hanya bisa berupaya agar menghadapinya dengan bijak salah satunya yaitu menjaga kesehatan tubuh.

Di musim peralihan ini tubuh kita otomatis harus beradaptasi dengan perubahan cuaca yang bisa terjadi tiba-tiba dan menimbulkan berbagai penyakit. Ditambah lagi keadaan saat ini masih dilanda pandemi covid 19. Penjagaan kesehatan pun harus diperketat lagi. Jelas hal tersebut sangat penting, karena kesehatan merupakan nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita, dan menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dan juga pembuktian bahwa kita menjaga tubuh kita yang Allah amanatkan kepada kita. 

Bahkan pada hari Rabu tanggal 6 Oktober 2021 kemarin yaitu hari Rabu terakhir di bulan safar dipercaya sebagai hari yang Allah turunkan banyak bala oleh sebagian orang. Maka dari itu di daerah-daerah tertentu misalnya Cimindi Hilir, DKM Al-Ikhlas mengadakan sholat tolak bala. Terlepas dari kepercayaan kita masing-masing tidak ada salahnya kita mengambil hikmah atau pelajaran dari peristiwa tersebut yaitu menjaga kesehatan dengan tidak lupa memohon perlindungan juga dari Allah SWT. Karena kita bangsa Indonesia sebagai mayoritas muslim sudah tentu mengetahui bahwa usaha itu harus disertai dengan do'a dan do'a juga harus disertai dengan usaha. 

Adapun cara-cara kita menjaga kesehatan di musim pancaroba ini diantaranya menjaga pola makan supaya teratur, lebih banyak mengonsumsi air putih, memakan makanan yang seimbang dan bergizi agar menyehatkan, mengkonsumsi vitamin, tidak makan makanan sembarangan, istirahat yang cukup, berolahraga yang teratur, menjaga kebersihan badan dan juga lingkungan sekitar dan juga mengelola pikiran kita untuk tidak stres, karena sakit juga bisa disebabkan oleh tekanan dipikiran kita dan menyebabkan kita stres dan tubuhpun ikut melemah. 

Semua hal tersebut sangat penting dilakukan guna menjaga kekebalan tubuh kita terhadap penyakit yang memang lebih banyak hadir di saat musim pancaroba ini. Dan juga jangan melupakan protokol kesehatan seperti senantiasa mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak karena kita masih berada di masa pandemi covid 19 juga.

Kita tidak akan dirugikan dengan menjaga kesehatan tubuh kita tersebut, dengan menjaga kesehatan tubuh kita artinya kita menyayangi tubuh kita dan bertanggungjawab terhadap amanat yang Allah berikan yaitu tubuh kita. Jika tubuh kita sehat, ibadah kita pun akan maksimal. Dan yang merasakan kenikmatan sehat pun kita sendiri. Maka dari itu dalam menghadapi musim pancaroba ini penting bagi kita untuk perketat menjaga kesehatan kita dengan berbagai cara yang telah saya paparkan di atas. 

Novi Nurhikmah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati
Bandung
Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023