Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Negeri Damai Dengan Toleransi

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-23T10:48:48Z


Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara besar yang memiliki kemajemukan dalam masyarakatnya. Mulai dari banyaknya provinsi, suku, bahasa, dan kepercayaan semua sangat kompleks. Tetapi tentu, kemajemukan masyarakat bukanlah hal yang membuat Indonesia menjadi negara yang terpecah belah karena perbedaan.


Indonesia memiliki semboyan yang selalu dijunjung tinggi oleh seluruh masyarakat negeri, yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Sehingga dengan hal itu, bangsa Indonesia tidak mudah dipecah belah.


Bhinneka Tunggal Ika mengajarkan kepada masyarakat bahwa hidup dengan keberagaman adalah suatu tantangan dan kekuatan. Adanya perbedaan membuat masyarakat untuk bisa saling toleransi dalam bersosialisasi.


Toleransi dalam bersosialisasi adalah suatu konsep hidup untuk saling menghargai perbedaan antara satu sama lain. Toleransi dapat terwujud jika adanya kesadaran dalam diri masyarakat untuk saling menghargai, tidak saling mencela, bahkan mengolok-olok.


Dengan toleransi akan mempererat tali persaudaraan, menciptakan keharmonisan dan kedamaian, serta mendukung pemenuhan hak asasi manusia. Oleh sebab itu, dengan adanya toleransi negara akan damai tanpa perpecahan.






Allice Shetea Fatonah
Mahasiswi KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
×
Berita Terbaru Update