Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Musim Pancaroba Banyak Kerugian, Ambil Hikmahnya Saja

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T06:54:58Z
 

 
Seperti yang telah warga Indonesia ketahui bahwa musim pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim di Indonesia. Karena Indonesia termasuk daerah khatulistiwa, maka musim yang terjadi ada dua, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim pancaroba biasanya ditandai dengan cuaca ekstrem seperti intensitas badai meningkat, serta sering terjadi hujan deras yang diiringi petir dan angin kencang. 

Umumnya hal ini terjadi karena tempratur udara yang rendah dan angin yang tinggi. Karena pada musim ini virus dan bakteri jumlahnya meningkat drastis dan dampaknya adalah banyak penyakit yang muncul saat musim pancaroba.

Musim pancaroba kerap kali memberi berbagai virus kepada makhluk hidup dibumi ini. Virus tersebut jika telah masuk kedalam tubuh makhluk hidup maka makhluk tersebut akan merasakan imun yang menurun hingga jatuh sakit.
Terutama pada manusia. Manusia jika sistem kekebalan tubuhnya sedang berkurang, maka virus akan cepat masuk. Biasanya manusia akan mengalami infeksi saluran pernapasan, demam berdarah, tipes, flu dan batuk.

Pasalnya, musim hujan membawa sejumlah kerugian bagi kesehatan. Terlebih, bagi orang-orang yang memiliki riwayat alergi, daya tahan tubuhnya akan sangat terpengaruh saat musim ini.

Meskipun musim pancaroba hanya terjadi dia tahun sekali dalam setahun,biasanya akan ada kerugian yang akan kita dapati. Misalnya, banyaknya serangga hama yang akan menyerang tanaman padi. Bahkan bisa juga menyerang tanaman lainnya seperti cabai, ubi jalar, dan tanaman yang memiliki daun lainnya.

Hujan yang terus menerus terjadi akan mengalami banjir di suatu daerah.Sementara itu, jika saat musim pancarobanya mengalami musim kemarau, maka daerah tersebut akan mengalami tanah kekeringan, tanaman yang mulai layu, serta kekurangan air bersih.
Karena musim pancaroba itu pemberian dari Tuhan Yang Maha Esa, maka kita tidak sepatutnya mengeluh atas apa yang telah terjadi. Kita sebagai makhlukNya hanya perlu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan serta berlaku sabar jika diberi ujian.

Musim pancaroba pun dapat memberi hikmah.Kita dapat menikmati buah jika sudah matang. Kita pun dapat merasakan manfaat air dingin jika dipakai untuk mandi. Misalnya, dapat mengatasi kelelahan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan stres, membantu melawan infeksi, meningkatkan metabolisme, serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.
Dan yang terpenting, dibalik adanya bencana kita sebagai makhluk yang berakal dimuka bumi ini lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi perlindungan dari segala mara bahaya.

Alifia Nabila
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati
Bandung-Jawa Barat
×
Berita Terbaru Update