Musim Hujan Dan Kemarau Membuat Bimbang

Memang sudah tak asing lagi dengan penyakit-penyakit yang perlu diwaspadai pada saat pancaroba adalah influenza, batuk, demam, dan demam berdarah. Dari sekian banyak penyakit yang kerap bermunculan pada masa pancaroba, influenza yang disebabkan Rhinovirus merupakan penyakit yang paling umum menyerang bayi, terutama si Kecil yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Perubahan udara dan temperatur sedikit banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas (daya tahan tubuh terhadap penyebab penyakit) kita berkurang, sehingga sering menyebabkan orang sakit pada musim pancaroba.

Saat terjadinya musim pancaroba apa yang perlu dipersiapkan?

Yang paling pertama kita harus meningkatkan makan yang bergizi makanan adalah sumber energi dan nutrisi bagi tubuh manusia. Meminum air putih yang banyak, olahraga yang teratur dan tidur yang cukup.Mengendalikan stres,menjaga kebersihan,rajin mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Musim pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim penghujanan dan kemarau.

Pada saat musim kemarau para petani mengalami kesedihan yang mendalam, karena tanaman-tanamannya tidak dapet tumbuh subur pada biasanya.Dan petani mengalami rugi jika tamanan tidak dapat hidup subur pada biasanya. Hal yang perlu kita waspadai pada musim pancaroba adalah menikatnya resiko tubuh yang melemah dan banyak penyakit yang akan mampir pada tubuh kita jika kita tidak berjaga-jaga dengan persiapan seblum memasuki musim pancaroba seperti yang penjelasan yang di atas jika akan datang musim pancaroba yang perlu dipersiapkan sudah tertera dj atas.

Jika kita melanggar itu maka akan terjadi secara drastis penyakit akan memasuki ke tubuh kita ini. Apalagi bila demam anak semakin tinggi. Pasalnya, demam tinggi pada anak yang tidak segera ditangani bisa membahayakan kondisi Si Kecil. Ketahui hal-hal apa saja yang bisa terjadi bila anak mengalami demam tinggi  apaalagi bila demam anak semakin tinggi. Pasalnya, demam tinggi pada anak yang tidak segera ditangani bisa membahayakan kondisi Si Kecil. Ketahui hal-hal apa saja yang bisa terjadi bila anak mengalami demam tinggi.

Suhu tubuh yang normal pada anak adalah 36,5–37,5 derajat Celsius. Anak bisa dikatakan mengalami demam ketika suhu tubuhnya meningkat sampai lebih dari 38 derajat Celsius. Perlu diketahui, demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah gejala. Jadi, bila anak demam, ibu perlu mencari tahu apa penyebab yang mendasarinya. Berikut beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab demam tinggi pada anak:

Jika anak demam jangan khawatir dan jangan menyepelekan

Dizaman saat ini sudah banyak obat yang terjual untuk demam dan flu jika tidak tersebut tidak dapat menyembuhkan nya maka ambil tindakan lebih lanjut pada rumah sakit terbesar agar dapat di tangani dengan baik.

Dan saat musim pancaroba para petani sangat berwaspada

Karena perubahan yang sangat ekstrem dari muslim hujan kemusim kemarau sangat mempengaruhi pada sektor pertanian akan tetapi para petani juga bisa memanfaatkan musim pancaroba. "Memanfaatkan sisa musim hujan ini agar diperoleh panen yang lebih baik nantinya,"

Ia berharap kegiatan ini dapat memberi motivasi bagi para petani dengan memahami cuaca dan iklim maka panen ditingkatkan dan kesejahteraan dapat ditingkatkan.Peran yang seluas-luasnya kepada petani untuk mengembangkan pengetahuan yang diperoleh dari hasil pengalamannya dan memadukan dengan informasi yang diperoleh dari para pemandu dalam mengantisipasi dampak iklim ekstrem juga materi dan praktik mengenai budi daya serta penanggulangan hama penyakit.

Selain itu, katanya peserta juga dibekali materi pengenalan alat ukur cuaca dan iklim, tata cara pengamatan unsur cuaca dan ekosistem, mengenal perbedaan cuaca dan iklim dan proses pembentukan awan hujan, dan pemahaman informasi prakiraan iklim dan musim.Maka dari itu mau petani ataupun manusia harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari agar tidak terjadi seperti yang kita pikirkan. Dan saya berharap agar kita pada saat musim pancaroba tidak terjadi apa-apa jangan lupa selalu meminta mohon ampun kepada-Nya dan selalu berdoa dan selalu diberikan perlindungan oleh-Nya.

 

Reporter : Syifa Fadia, Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Email : syifafadia8@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023