Musim Berganti, Masyarakat Perlu Waspada Musim Pancaroba

Waspada terhadap cuaca ekstrem sangat perlu di tingkatkan oleh masyarakat, karena mengingat dampak adanya peralihan cuaca ke musim pancaroba yang bisa mengakibatkan banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, hingga bisa menyebabkan jalanan licin dan hujan es. Selain itu, musim pancaroba juga rentan menyebabkan penyakit seperti, flu ,batuk, pilek, nyeri sendi, asma, demam berdarah dan gangguan pencernaan.

     Pasalnya musim pancaroba tidak menentu, terkadang cuaca sangat panas dan terjadi hujan deras hingga hujan petir. Sehingga masyarakat harus tetap waspada ancaman penyebaran penyakit. Dan pada musim pancaroba saat ini masyarakat tidak hanya waspada terhadap Covid-19 namun juga harus waspadai penyakit-penyakit lainnya.

     Salah satu  pencegahan musim pancaroba bahwasanya masyarakat juga harus tetap berperilaku hidup bersih dan rapi dan hidup sehat serta rutin minum vitamin dan harus tetap peduli dengan lingkungan sekitar. Dan salah satu contoh yaitu pencegahan nyamuk DBD, dengan cara melakukan pemberantasan nyamuk atau semprot nyamuk dan mendaur ulang 3M (plus) juga bisa melakukan kegiatan menguras maupun bersih-bersih di setiap RT maupun RW.

    Hujan yang sangat lebat di tambah hujan petir dan di sertai angin yang sangat kencang terjadi di Depok pada jam 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB yang mengakibatkan terjadinya pohon tumbang dan papan roboh di sekitar daerah di Depok tepatnya di depan Rs. Hermina Depok, Jalan Siliwangi dan juga Pancoran Mas. Dan beberapa mobil dan sepeda motor yang sedang di parkir mengalami kerusakan karena tertimpa papan yang roboh dan atap rumah yang roboh akibat angin kencang dan hujan.


Safinatunnajah

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023