Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mewaspadai akan Datangnya Musim Pancaroba

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-23T16:00:09Z

Musim pancaroba merupakan peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan dan juga sebaliknya yaitu musim hujan ke musim kemarau. Ketika terjadi pergantian dalam sebuah musim biasanya akan ditandai dengan kemunculan perubahan cuaca yang sangat ekstrim, seperti: hujan yang sangat lebat disertai kilat. Namun, ketika terjadinya itu sangat singkat, kemudian hembusan angin begitu kencang. Bahkan membuat seluruh manusia sangat panik ketika terjadinya pergantian musim.

Perubahan cuaca ini dinilai sebagai salah satu penyebab munculnya berbagai penyakit. Pada musim pancaroba suhu dan kelembapan akan lebih rendah sehingga virus dan bakteri mampu hidup lebih lama dan akan lebih mudah berkembang melaui udara, juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Dengan melihat kondisi seperti ini dikhawatirkan masyarakat akan rentan terserang penyakit.

Pada saat musim pancaroba tiba virus dan kuman akan lebih mudah berkembang biak, sebab di musim ini, paparan sinar matahari yang dapat membunuh kuman cenderung berkurang, sebenarnya kondisi ini sangat diperarah dengan daya tahan tubuh yang cenderung menurun akibat tingginya kecepatan angin.

Banyak acara agar kita bisa terhindar dari paparan penyakit dimusim pancaroba, karena di musim pancaroba ini banyak penyakit musiman yang biasa muncul seperti flu, batuk, demam berdarah, diare, asma dan infeksi virus pada sistem pernapasan dan pencernaan lainnya. Munculnya berbagai penyakit ini disebabkan karena perubahan suhu udara yang tidak menentu.

Oleh karena itu, untuk menghindari terjangkit penyakit salah satu caranya yaitu meningkatkan sistem imun dengan cara perbanyak asupan makanan bergizi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan. Minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup dan berolahraga.

 

Fahmi Firmansyah, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung


×
Berita Terbaru Update