Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Merawat Toleransi Merawat Indonesia

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:53:28Z

Indonesia merupakan Negara dengan berbagai keberagaman antara lain suku bangsa, ras, bahasa dan agama. Keberagaman ini merupakan aset bangsa yang harus kita rawat bersama demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tungga Ika yang memiliki makna sesuai dengan keberagaman Indonesia yang tidak hanya bersuku-suku, ber ras-ras, dsn berbudaya tetapi kita punya makna yang jauh lebih luas bahwa kita memang ditakdirkan sebagai pribadi yang berbeda satu sama lain namun tetap satu tujuan. Ini merupakan modal yang besar untuk kita maju bersama membangun bangsa Indonesia dengan saling toleran terhadap perbedaan.


Kemampuan setiap orang dalam menerima perbedaan menjadi faktor penting sikap toleransi dapat diterapkan di indonesia. Toleransi menghadirkan kebaikan untuk dapat hidup saling berdampingan tanpa mempersoalkan masalah perbedaan. Walaupun berasal dari latar belakang agama, suku dan budaya yang berbeda adalah bukti kemampuan seseorang dapat bersikap toleran dengan baik.


Untuk merawat Negara kita ini sikap toleran perlu kita tumbuhkan dalam kehidupan karena merupakan hal yang penting bagi kita semua, kita semua harus membiasakan diri bersikap saling menghargai, saling memahami satu sama lain, saling pengertian, Menerima perbedaan antar individu dan menganggap bahwa perbedaan adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa, hal ini memungkinkan kita untuk saling memahami, daripada menganggap perbedaan itu negatif. Sikap ini tidak wajib, dan tentunya tidak ingin memaksa orang lain untuk melakukan hal yang sama.


Dengan adanya toleransi, keharmonisan suatu Negara dapat terjalin, dan kehidupan bernegara akan mudah kita jalani bersama. Menerima perbedaan antar suku bangsa, bahasa dan agama dapat kita mulai dari diri sendiri dan lingkungan sekitar. Jika sikap toleran tersebut dapat terwujud dalam suatu Negara khususnya Indonesia, bukan hal yang tidak mungkin pembangunan di Negara Indonesia dapat terwujud dan Indonesia bisa menjadi Negara maju.


Maka dari itu, sebagai warga Negara yang baik, kita harus bisa menerapkan sikap toleransi itu dalam kehidupan sehari hari. Kita harus bersifat merawat sikap toleran karena jika kita merawat sikap toleransi kita juga merawat Negara kita ini. jika suatu Negara terawat dengan baik maka kehidupan didalamnya juga baik dan cita cita bangsa juga dapat terwujud.

×
Berita Terbaru Update