Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menyikapi Keberagaman di Indonesia dengan Toleransi

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:35:49Z

 

Toleransi merupakan sikap saling menghargai satusama lain atas perbedaan yang ada. Untuk mencapai satukesatuan bangsa yang damai dalam keberagaman tentukita harus mengusungkan toleransi dalam kehidupansehar-hari. Sebagaimana kita tahu perbedaan bisamenjadi pemicu timbulnya konflik atau permasalahandalam kehidupan jika tidak ada rasa toleransi dalam dirimasing-masing Individu. Secara istilah, toleransi artinyamenghargai, menghormati, menyampaikan pendapat, kepercayaan, pandangan terhadap sesama manusia yang pada dasarnya bertentangan dengan diri sendiri.

Indonesia adalah salah satu negara yang tegak atasdasar keberagaman dan perbedaan. Meskipun banyaknya budaya,agama,Ras serta pandangan hidup yang berbeda di Indonesia namun indonesia tetap berdiridalam satu kesatuan bangsa karena adanya toleransi antarbangsa, meskipun kita lihat masih banyak terjadibenturan karena perbedaan yang terjadi karena kesalahanindividu yang tak memahami makna toleransi dan pentingnya tolerasi di terapkan dalam kehidupan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada beberapa upayaseparatisme atau upaya pemisahan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun indonesiatetap berdiri dan bersatu. Toleransi hadir untukmenghalau setiap tindakan ataupun gerakan yang berupaya memecah belah persatuan. Sikap-sikap toleranakan menunjukkan rasa hormat kepada orang lain ataukelompok yang berbeda pendapat, agama, budaya, dan ras. Oleh karena setiap negara haruslah menerpkan itu, toleransi harus menjadi sikap yang diamalkan oleh setiapwarga negara.

Di Indonesia sendiri pemerintah begitu menegaskanpentingnya menerapkan sikap toleransi dalam kehidupankarena Sikap toleransi dalam keberagaman di Indonesia menjadi penting untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Selain itu, sikap toleransijuga dapat membentuk persatuan bangsa, menciptakankerukunan antarwarga, dan memunculkan rasa nasionalisme. Dengan banyaknya Ormas-ormas ataulembaga-lembaga yang ada di tengah masyarakatdiharapkan tetap menanamkan sikap toleransi dan tidakmudah diperpecah belah karena propaganda-propaganda kelompok tertentu.

Pemerintah juga mengusungkan sikap toleransi antarumat beragama dan menghargai hak-hak orang lain sebagaimana yang ada pada UUD 1945 pada Pasal 28J menegaskan keharusan setiap orang menghormati hakasasi orang lain dalam rangka tertib bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. demi untuk menjaga keutuhanbangsa di bawah toleransi yang ada. setiap orang dalammenjalankan kebebasannya tunduk kepada pembatasanyang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksudsemata-mata untuk menjamin pengakuan serta atas hakdan kebebasan orang lain, dan untuk memenuhi tuntutanyang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilaiagama, keamanan dan ketertiban umum.  

Dengan ditanamkannya dalam diri tiap masyarakatsikap toleransi atau sikap saling menghargai satu samalain atas keberagaman yang ada tentu masyarakat Indonesia dapat hidup damai berdampingan dalamperbedaan yang ada. Serta dengan dipatuhinya aturan-aturan atau Undang-undang yang telah ada agar Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI) tidak mudahterpecah belah serta menjunjung tinggi pancasila sebagaiidiologi atau dasar negara kita Indonesia dalam bentukpenjagaan sikap toleransi.


×
Berita Terbaru Update