Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menjaga Lingkungan Saat Peralihan Musim

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:52:01Z

Seperti kita ketahui bahwa indonesia memiliki letak geografis dan geologis yang rawan terjadinya bencana disekitar lingkungan masyarakat, serta disetiap tempat penduduk tinggal alam selalu menghadirkan wujudnya dalam segi keindahan namun juga dalam bentuk suatu bencana alam. Walaupun dengan berbagai cara manusia mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mengatasi persoalan bencana, namun hanya beberapa yang dapat menjadi landasan mitigasi bencana alam.

Salah satu landasan untuk menghindari terjadinya bencana alam ialah dengan mencintai lingkungan sekitar. Alam telah memberikan segalanya pada manusia agar tetap bertahan hidup dan sekarang waktunya manusia memberikan kepeduliannya terhadap lingkungan alam. Dengan menjaga lingkungan serta mencegah kerusakan alam dari tangan orang-orang yang tidak mempedulikan lingkungan itu merupakan suatu bentuk mencintai alam.

Dengan mencintai alam lingkungan sekitar akan membangkitkan rasa kesadaran dalam diri seseorang untuk melakukan kegiatan pelestarian alam. Contoh kecil pelestarian alam ialah dengan tidak membuang sampah ke sungai, hutan, laut, gunung, saluran air dan tempat-tempat yang mana dapat merusak lingkungan. Pada pekembangan zaman ini bentuk sampah pun bervariasi tidak lagi dalam bentuk padat seperti yang kita jumpai disekitar contohnya plastik atau pun kertas, akan tetapi berbentuk limbah cair dari pabrik industri.

Membuang sampah atau limbah sembarang tidak hanya mengakibatkan bencana alam saja akan tetapi air yang diminum manusia dapat tercemari oleh limbah cair yang mencemari sumur-sumur masyarakat. Oleh sebab itu menjaga kelestarian lingkungan merupakan hal paling penting agar hidup tetap aman dari bencana dan kerusakan alam yang mengakibatkan pada keberlangsungan hidup manusia.

Lestarikan lingkunganmu dengan tidak membuang limbah sampah ketempat yang dapat mengakibatkan bencana alam. Tanami tumbuh-tumbuhan disekitar lingkungan agar dapat menghirup udara segar serta terhindar dari bencana alam seperti longsor dan banjir. Semua masyarakat perlu ikut berpartisipasi dalam melakukan mitigasi bencana ini, tidak hanya masyarakat pemerintah pun perlu melakukan program kerja untuk melaksanakan kegiatan pelestarian alam.

Roby Firdaus
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.

×
Berita Terbaru Update