Menjaga Kekebalan Tubuh Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba selalu identik dengan penyakit. Karena pada musim ini, biasanya virus dan bakteri itu sangat mudah berkembang biak dan mengakibatkan munculnya penyakit, seperti flu, demam, pilek, hingga batuk.

Maka dari itu, tubuh kita harus memiliki daya tahan yang kuat, supaya kita tidak rentan terkena penyakit. Jika tidak memiliki daya tubuh yang kuat, maka kita akan kesulitan untuk beradaptasi dengan musin ini.

Untuk mencegah penyakit dan menjaga tubuh agar tetap sehat dan kuat, dibutuhkan pola hidup yang teratur.

Seperti menjaga pola makan. Karena sistem kekebalan tubuh kita butuh asupan makanan yang bergizi dan menyehatkan untuk melawan para penyakit. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang bergizi akan sangat membantu untuk kekebalan tubuh kita.

Selain makan makanan yang bergizi, kita juga harus mengatur pola tidur. Karena dengan tidur yang cukup, tubuh kita akan tetap sehat. Waktu tidur yang baik adalah selama 7 hingga 9 jam lamanya setiap malam. Dengan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam tubuh kita akan melakukan pemulihan dan perbaikan saraf dalam tubuh kita, termasuk juga sistem kekebalan tubuh.

Kita juga harus wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar kita agar tubuh kita sehat. Seperti membersihkan area tempat tinggalmu dan selalu mencuci makanan yang akan kita konsumsi, agar tubuh kita mengkonsumsi makanan yang bisa membuat tubuh kita tetap kebal. Selain menjaga lingkungan kita, olahraga juga dapat menjaga tubuh kita tetap berfungsi dengan baik. Karena dengan olahraga yang teratur, itu akan mengurangi peradangan dan mendukung sel-sel yang melawan infeksi. Sehingga imun kita menjadi kuat.

Intinya kita harus mengatur pola hidup kita agar kekebalan tubuh kita tetap kuat saat musim pancaroba. Dengan mengatur pola hidup yang sehat, penyakit tidak akan menyerang tubuh kita. Karena imun dalam tubuh kita kuat dan lingkungan di sekitar kita bersih sehingga bakteri tidak bisa berkembang biak dan penyakit tidak akan muncul.

Muhamad Firman Hakiki
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati
Bandung, Jawa Barat
085293873304
Hakikimfh17@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023