Menjadi Bahagia Dengan Hidup Toleransi



Indonesia merupakan negara yang beragam macam Bahasa, budaya, agama dan lain-lain. Dengan adanya keberagaman ini warga Indonesia harus bisa menghargai satu sama lain agar hidup menjadi aman, tenang, dan damai.

Jika tidak adanya toleransi dalam kehidupan, maka hidup ini akan kacau balau tidak bisa berdampingan dengan perbedaan. Sedangkan tuhan menciptakan kita dengan segala perbedaan, jika semua sama akan terasa hambar dalam kehidupan ini.

Toleransi menjadi ciri khas bangsa Indonesia, sikap toleransi tidak hanya persoalan agama saja namun dalam banyak hal yang dilakukan sehari-hari kita harus bertoleransi. Terdapat perbedaan pendapatpun kita harus bertoleransi karena mengeluarkan pendapat merupakan hak manusia.

Dalam hidup bertoleransi tidak menjamin bahagia terus-menerus namun sikap ini akan meminimalisir terjadinya perpecahan. Kita sebagai warga Indonesia tidak menginginkan adanya perpecahan. Dan kita sebagai warga Indonesia harus bisa Bersatu dan saling melengkapi dari adanya perbedaan.

 

Afip Nurlatifah

Mahasiswa KPI UIN
Sunan Gunung Djati
Bandung, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023