Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenal Pentingnya Relawan

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-23T10:47:10Z


Datangnya bencana silih berganti memanggil jiwa-jiwa para relawan. Mereka datang dari berbagai daerah untuk membantu proses penang gulangan bencana. Dalam menanggulangi bencana ataupun permasalahan bangsa, pemerintah tak patut untuk merasa paling benar sendiri. Dia menegaskan, prinsip gotong royong serta musyawarah merupakan tradisi Indonesia yang telah lahir sejak lama.

Guna elaborasi yang lebih mendalam, kami akan memaparkan mengenai definisi relawan yang diutarakan oleh para ahli dan cendekiawan serta pendapat internal dari tim LindungiHutan. Perbedaan penafsiran tidaklah signifikan dan rigid. Melainkan hanya penerapan pemaparan yang umum menjadi mengerucut dan spesifik supaya mudah diaplikasikan pada pelaksanaan kegiatan maupun pembentukan struktural di masing-masing daerah. Pandangan yang kami tawarkan tidak bersifat kaku dan tetap sehingga mungkin saja di kemudian hari akan direvisi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengemukakan definisi relawan adalah bentuk non-formal (tidak baku atau bahasa lisan) dari sukarelawan. Sukarelawan berarti "orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena dipaksa atau diwajibkan). Dan akar sebutan ini merupakan gabungan dari kata "suka", "rela" dan "akhiran -wan" (atau -wati bagi perempuan) yang menunjukkan pelaku seperti wirausahawan, dermawan dan karyawan.

Dengan merinci istilah "sukarelawan" menjadi lebih mendasar, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa relawan (sukarelawan) yaitu individu yang mengambil peran atau melakukan kegiatan tertentu atas motif suka dan rela. Sedangkan padanan kata ini dalam bahasa inggris yang paling mendekati ialah "volunteer".

Relawan sangat memiliki arti penting dalam membantu pemerintah menyelesaikan segala permasalahan korban bencana. Namun ingat untuk menjadi relawan kita harus mendapat identitas dan kesahan yang jelas dari pemerintah.

Red: Muhammad Raden Nur Naufal-1204020095-KPI 3 C

×
Berita Terbaru Update