Mengapa Harus Ada Toleransi Antar Umat Beragama?

Manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki sikap toleransi terhadap orang lain dalam bentuk apapun, karena bagaimana pun manusia adalah  makhluk individu, manusia tidak akan bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Oleh karena itu,toleransi sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.

Sebagai seorang manusia yang beragama kita mempunyai sebuah kewajiban yang harus dimiliki seseorang, agama adalah sebuah kepercayaan, sistem budaya dan juga sudut pandang dunia yang menghubungkan manusia dengan perintah serta tatanan kehidupan. Selain itu banyak agama yang memiliki simbol yang dimaksud untuk menjelaskan arti hidup dan asal-usul alam semesta.

Toleransi umat beragama merupakan sikap yang ditunjukkan dengan perilaku dan perbuatan untuk menghargai pendapat orang lain agar tidak memandang ras, suku, maupun agaman. Bahkan ada ancaman keras bagi siapa yang tidak menjalankan toleransi beragama di Indonesia.

Kehidupan di dunia ini sangatlah luas,dan karena luasnya dunia tersebut kehidupan, gaya, bahasa, budaya maupun agama, yang ada di dunia ini sangatlah banyak,dan kita sebagai manusia harus menghagai dan menerima perbedaan perbedaan tersebut, setiap individu memiliki kepercayaan,keyakinan,dan budaya mereka masing masing,dan jika ada salah satu individu tidak menerima perbedaat tersebut maka akan terjadi suatu percekcokan antar individu tersebut,individu satu yakin budaya, agama, ras yang dia ikuti adalah yang paling benar, individu satunya lagi juga demikian.

Jika perilaku tersebut masih di lanjutkan maka perang tidak akan terhindari, bukankah setiap mahluk di dunia ini menginginkan kedamaian dan tidak ada peperangan. maka dari pada itu toleransi antar umat beragama harus dimiliki oleh setiap individu.

 

Muhammad Fikri Salam

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Griya Cempaka Arum F2 no 5 RT 05 RW 05

Rancanumpang-Gedebage-Kota Bandung

085794130855 / fikrisalam666@gmail.com


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023