Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Media Sosial itu Manipulatif

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T06:57:49Z


Di era globalisasi ini tentu semua orang baik kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa pun tak luput dari sebuah gadget yang berada di genggamannya. Tak jarang kita menemui setiap individu yang tidak mempunyai gadget. Hampir semua kalangan mempunyainya. Bahkan di tahun 2021 ini mayoritas setiap individu pasti sudah mempunyai akun media sosial.

Karena dari media sosial sendiri mempunyai fungsi terpenting bagi kehidupan manusia zaman sekarang. Mulai dari memperluas interaksi dengan manusia di berbagai daerah atau negara, memberi informasi atau berita yang sedang beredar di kehidupan nyata, mencari ilmu pengetahuan yang sekiranya kita belum pernah mengetahuinya, dan lain-lain.

Namun yang mesti kita ketahui bagi pengguna aktif media sosial, kita pun harus pintar-pintar memilih informasi. Jangan sepenuhnya percaya dengan informasi yang sedang beredar. Karena pada dasarnya informasi yang sedang kita baca atau telaah bisa jadi hasil manipulasi dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Contoh lain adalah informasi pribadi seseorang pada akun media sosialnya. Kita dapat menilai kepribadian seseorang tersebut hanya dari postingan media sosial saja. Tetapi kita sendiri tidak tahu orang tersebut seperti apa dan bagaimana sosok yang sebenarnya. Karena pada dasarnya media sosial itu hanya dunia maya. Semua orang pasti dapat memanipulasi sebuah postingan agar orang-orang yang melihat dapat mempercayainya.

Bijaklah dalam bermedia sosial! Dan jangan mudah dibohongi oleh teknologi yang sudah canggih. Jika ingin mengeposkan sesuatu pun sebaiknya kita berfikir kembali 'apakah hal tersebut layak untuk diposting atau tidak'. Jangan pula mengepos informasi pribadi yang sekiranya itu tidak boleh dilihat dengan banyak orang. Misalnya seperti meng-upload tiket perjalanan, KTP/SIM, dan dokumen penting lainnya.

Alifia Nabila
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati 
Bandung-Jawa Barat
×
Berita Terbaru Update