Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Media Sosial dalam Genggaman

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-14T23:51:32Z

 

Media sosial dikenal memiliki banyak keunggulan. Dengan media sosial seseorang dapat memiliki sahabat pena, banyak relasi, hingga menjadi ajang untuk memamerkan karya seni. Hal-hal ini dahulu dianggap mustahil terjadi, namun terbantahkan dengan berkembangnya zaman.


Media sosial mengantarkan seseorang untuk mengarungi dunia kemanapun yang ia inginkan dengan hanya menggunakan internet. Tidak selalu berarti orangnya pergi ke negara lain secara langsung, melainkan dengan mempelajari beragam budaya dan kebiasaan negara yang ia tuju, sudah berarti 'mengarungi'. Selain fleksibel, cara seperti ini tidak memerlukan banyak biaya.


Media sosial dapat dijadikan sebagai media pelatih kemampuan berbahasa. Kita tetap dapat berinteraksi dengan orang lain meski berbeda bahasa. Memanfaatkan fitur media sosial, suatu bahasa dapat diterjemahkan dengan sekali dua kali ketikan.


Bila terjadi sebuah kejadian bencana alam, insiden kecelakaan, atau berita orang-orang yang mengalami
kekurangan, media sosial berperan menjadi perantara penyebar informasi tersebut, sehingga orang lain dapat mengetahuinya bahkan turut berkontribusi untuk membuat keberlangsungan hidup yang lebih baik. Kontribusi tersebut dapat berupa doa maupun donasi.


Hal-hal baik yang tengah terjadi di dalam media sosial sesungguhnya akan sulit terealisasi atau bahkan dianggap mustahil kembali bila orang-orang tidak memiliki keinginan untuk menggunakan media sosial dengan baik dan bijak. Karena itu, media sosial perlu diingat sebagai suatu peluang yang telah ada di depan mata. Di atas genggaman. Menjadi peluang untuk terus menyebarkan manfaat, serta peluang untuk semakin memajukan perkembangan zaman.

 

Alivva Rahmani, KPI 3/A

UIN SGD Bandung



×
Berita Terbaru Update