Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Media Membawa Berkah

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:55:11Z

Media sosial dan internet memang membawa berkah sekaligus kutukan. Menjadi berkah karena media sosial sangat memudahkan komunikasi dari satu pihak ke pihak lain, dari pemerintah ke masyarakat. Menjadi kutukan karena media sosial juga memudahkan seseorang atau pihak-pihak tertentu menyebarkan informasi palsu untuk mengacaukan situasi. Berkah dan kutukan itu tergantung pada kecerdasan kita mengelola.

Melalui tutorial di Facebook, YouTube, atau Pinterest, kita bisa belajar berbagai keterampilan baru. Mulai dari teknik fotografi dan editing, cara memasak, kecantikan, kerajinan tangan, sampai cara membersihkan barang. Bahkan cara mendapatkan uang melalui internet pun tak sulit dicari. Sebagai gantinya, kamu juga bisa membagikan ilmu atau keterampilan yang kamu kuasai kepada khalayak dengan cara yang sama. Ingat, berbagi ilmu itu termasuk ibadah.

Kadang saat sedang merasa putus asa atau sedih, satu kalimat motivasi yang tak sengaja kita temukan di jejaring sosial saja bisa menjadi suntikan semangat. Itulah yang namanya berbagi kebaikan melalui jejaring sosial. Unggah dan bagikan konten-konten positif yang bisa memotivasi atau menginspirasi orang lain. Jangan sampai jejaring sosial menjadi wadah untuk menyebarkan kebencian terhadap sesama. Kalau ada orang yang tersenyum saat membaca postinganmu, sama saja dengan beramal.

Kalau sudah memiliki jaringan komunikasi yang luas, kita bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis atau menginformasikan event yang akan kita selenggarakan. Dengan iklan dan pemasaran online di jejaring sosial, bisnis kita dapat menjangkau jauh lebih banyak pelanggan dengan beban pemasaran yang lebih terjangkau pula. Instagram, Pinterest, Facebook, Twitter, bahkan LINE bisa menjadi sarana untuk membuat bisnis kita diketahui lebih banyak orang. Itulah beberapa hal positif dan produktif yang bisa kita lakukan melalui jejaring sosial. Teknologi bisa menjadi berkah atau justru bencana bagi umat manusia. Bijak dalam memanfaatkannya akan memberikan dampak positif yang tak terduga.

 

 

 

Shina Nureni Nazila

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update