Masyarakat Perlu Tingkatkan Immune System

Immune System (Sistem kekebalan tubuh) adalah suatu susunan yang lengkap dari jaringan,organ dan sel yang secara bersamaan dan sistematis berproses untuk mengcover bagian tubuh dari berbagai penyakit dan menjaga kesehatan dengan optimal, Immune system dapat menguat atau bahkan melemah disebabkan beberapa hal, salah satu yang paling sering terjadi ialah immune system melemah karena faktor alam/lingkungan, terutama saat pancaroba.


Tak bisa kita pungkiri, tuhan menciptakan manusia dengan segala kesempurnaan, karena terlalu sempurna dan kompleks terkadang manusia pun kesulitan untuk memahami dirinya sendiri, salah satu hal yang bisa kita lakukan dalam mensyukuri pemberian tuhan ini ialah dengan menjaga tubuh kita tetap sehat bugar baik jasmani maupun rohani, karena itulah salah satu hal yang patut kita lakukan namun dalam sisi lain itu juga merupakan suatu hal yang penting.


Seperti yang kita tahu bersama, manusia memiliki aktifitas yang beragama dalam 1x24 jam, manusia melakukan segala aktifitas yang diperlukan atau yang diinginkanya, namun yang luput dari perhatian manusia itu sendiri ialah, kita menghadapi berbagai ancaman, mulai dari yang terlihat dan yang tidak terlihat sekalipun, manusia kadang acuh terhadap bahaya yang sedang mengancam kehidupannya dan mungkin bahkan bahaya tersebut tidak pernah diketahui manusia itu sendiri

Salah satunya ialah ancaman pada sistem imun tubuh manusia, ini sering luput dari mata kita, karena ini suatu yang tidak terlihat, padahal aspek immune system ini merupakan hal penting dan penunjang bagi kegiatan manusia sehari hari, jika immune kita melemah otomatis kita akan merasakan suatu hal yang tidak mengenakan, bahkan hal yang tidak mengenakan itu bisa mengganggu aktifitas manusia yang biasanya normal


Lalu apa hal yang bisa menyebabkan Immune System kita melemah? Salah satunya ialah faktor alam dan cuaca, mungkin sebagian dari kita bertanya tanya, apa benar cuaca dapat mempengaruhi sistem immune kita? Jawabannya tentu bisa, cuaca yang terkadang tidak menentu atau peralihan cuaca yang terjadi secara tiba tiba dapat menyebabkan immune system kita terganggu, apabila badan kita tidak siap.

Hal ini tentu sering terjadi di lingkungan masyarakat indonesia, Perubahan cuaca seperti yang terjadi saat musim di Indonesia bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Hal ini muncul karena adanya peralihan temperatur yang tidak bisa diprediksi, baik dari musim kemarau ke musim penghujan. Perubahan suhu udara dengan cepat ternyata bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda serta meningkatkan risiko berkembangnya virus maupun bakteri. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai penyakit, terutama batuk pilek, kerap muncul selama musim pancaroba.


Maka dari itu langkah terbaik untuk menjaga kesehatan selama musim pancaroba dan terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hidup sehat dan teratur, mengonsumsi vitamin, dan berolahraga, jika itu sudah dilakukan kita akan melakukan aktifitas dengan maksimal dan menjadi manusia yang bermanfaat.


Novaldy Akbar - Mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023