"Masyarakat Harus Tahu Cara Menanggulangi Bencana"


Indonesia merupakan negara yang rawan bencana alam. Sebagai negara kepulauan, Indonesia melewati garis khatulistiwa yang menyebabkan negara ini beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau.

Dua musim ini dan diperparah dengan perubahan iklim yang tidak pasti membuat Indonesia rentan terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, angin puting beliung.

Maka dari itu kita butuh langkah antisipasi untuk bisa menanggulangi hal ini, kita memerlukan sumber daya manusia yang mengerti terhadap cara penanggulangan bencana yang beragam,

Sudah tidak bisa ditawar lagi, masyarakat Indonesia sebagai pribumi mulai dari sekarang harus mempelajari cara-cara untuk menanggulangi bencana,akan menjadi lebih baik lagi jika kita bisa mengantisipasi terjadinya bencana itu sendiri

Bencana alam di Indonesia pun pada faktanya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sudah lebih dari 19.000 bencana alam terjadi di Indonesia dari periode 2010 hingga 2020.

Jangan menunggu keadaan yang lebih parah lagi, jika bukan kita siapa lagi? Semoga untuk kedepannya warga negara Indonesia bisa lebih peka terhadap hal-hal seperti ini.

 

Shina Nureni Nazilah

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dsn. Citeureup Rt/Rw 03/10 Ds. CilayungKec. Jatinangor Kab. Sumedang Prov. Jawa Barat

082121773943 / Shinanazilah2@gmail.com

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023