Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaatkan Bahan Alami di Sekitar Rumah Saat Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:26:06Z

Musim  pancaroba adalah masa peralihan iklim atau perubahan cuaca ekstrem yang tidak menentu, dimana pada musim ini ditandai dengan adanya curah hujan yang terlalu tinggi dan dicirikan dengan munculnya penyakit seperti flu, asma,  demam dan gangguan pencernaan.
Deputi  Bagian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  Guswanto menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk berhati-hati  terhadap cuaca ektrem selama musim pancaroba.Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko korban jiwa akibat cuaca ekstrem yang terus berubah. BMKG terus memperbaharui informasi mengenai perkiraan cuaca melalui aplikasi InfoBMKG sehingga masyarakat dapat mengakses nya dengan mudah.
Penting bagi masyarakat untuk tetap memperhatikan kesehatan tubuh salah satunya yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan herbal sebagai alternatif dalam mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa bahan alami yang sangat berguna ketika musim pancaroba sedang berlangsung, yang mana bisa meningkatkan imun tubuh yaitu :
Bawang putih
Bawang putih sangat mudah untuk didapatkan karena menjadi salah satu bumbu dapur yang tak bisa dipisahkan. Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga berguna dalam melawan infeksi virus.
Jahe 
Dewasa ini, produk dengan berbahan dasar jahe sedang marak digalakkan. Pasalnya, jahe berguna untuk menghangatkan tubuh. Tanaman yang digolongkan kedalam Zingiberaceae ini jika dikonsumsi secara rutin, ternyata  mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama pada pencernaan, muntah dan juga diabetes melitus.
Temulawak
Temulawak merupakan salah satu tanaman yang memiliki kemiripan dengan kunyit. Umumnya tanaman ini memiliki warna kuning muda . Sejak dahulu, temulawak dikenal sebagai salah satu antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan vitamin C sehingga bisa meningkatkan imun tubuh dan nafsu makan.
Kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah yang masih satu family dengan jahe. Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi untuk memberikan warna kuning pada kunyit. Kunyit juga mengandung antiinflamasi, antioksidan dan antimikroba yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Itulah beberapa bahan alami yang bermanfaat dalam menjaga imunitas tubuh di masa pancaroba seperti sekarang ini . Mari kita manfaatkan alam sekitar akan tetapi jangan sampai merusak alam karena keserakahan dan hawa nafsu semata. Tetap jaga imunitas tubuh dan pola hidup yang sehat demi kemaslahatan bersama.


Risalina
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

×
Berita Terbaru Update