Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswi KPI UIN Bandung Ikuti Lomba Dakwah Digital Dengan judul, Ikhlas Dalam Beribadah

Kamis, 23 Desember 2021 | Desember 23, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-23T10:49:23Z

 


Dakwahpos.com, Bandung- Majelis Dakwah Pengurus Besar Al- Washliyah bekerjasama dengan pengurus wilayah Al- Jam'iyatul Washliyah Provinsi Jawa Barat mengadakan lomba dakwah digital tingkat nasional dalam rangka memperingati milad Al- Jam'iyatul Washliyah yang ke-91. Kamis (25/11/2021).

Lomba video dakwah yang diadakan oleh pengurus besar Al-washilah ini diselenggarakan pada tanggal 25 November- 8 Desember 2021, pada kesempatan ini lomba dakwah digital Al-Washilah mengangkat tema tentang keislaman. Kemudian lomba dakwah ini dibagi menjadi tiga kategori  pertama, kategori anak-anak (siswa SD/MI), kategori remaja (siswa SMP/MTS dan SMA/MA), dan kategori dewasa (mahasiswa dan umum). Adapun syarat lomba ini adalah durasi ceramah 5-7 menit, memperhatikan kriteria penilaian, dan mengakhiri ceramah dengan ucapan "Nashrum Minallah Wa Fathung Qoriib, Wabasyiril Mu'min, Wassalamu'alaikum Wr.Wb" serta diakhir ceramah juga menyampaikan ucapan "Selamat Hari Ulang Tahun Al-Jam'iyatul Washliyah ke-91, Majulah Washliyah Zaman Berzaman.

Untuk kriteria penilaiannya yaitu isi materi 40% meliputi kesesuaian topik, isi dan akurasi dalil, kemudian retorika 35% meliputi gaya bahasa, gaya penyampaian, dan penjiwaan, etika 25% meliputi performa dan ketepatan mengikuti aturan panitia.

Shina Nureni Nazilah salah satu mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati yang mengikuti lomba video dakwah ini mengatakan "Kesempatan seperti ini tidak boleh kita lewatkan, mumpung pendaftarannya juga gratis dan yang paling penting buat nambah pengalaman kita dan mengasah skill ceramah kita".

Dalam Video lombanya Shina Nureni Nazilah membahas tentang ikhlas dalam beribadah. Begini kira-kira isi cuplikan ceramahnya "Pertama, Allah hanya memerintahkan makhluknya untuk beribadah hanya kepada Allah. Kedua, ibadah seseorang harus lah ikhlas, artinya bersihnya ibadah kita dari hal-hal yang dapat merusaknya. Misalnya riya dan sum'ah. Keduanya adalah di antara hal-hal yang dapat merusak amal ibadah kita. Ketiga, bukti ibadah kita yang ikhlas adalah melaksanakan shalat dan menunaikan zakat pada waktunya. Itulah agama Allah. Iman yang dibuktikan dengan amal soleh yang terwujud dalam shalat, zakat, dan syariat Islam lainnya." Ujarnya.

 

Reporter : Shina Nureni Nazilah

Mahasiswi KPI 3D UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

×
Berita Terbaru Update