Lingkungan bersih, hidup tetap sehat

Indonesia merupakan negara yang dikenal hanya memiliki dua musim saja, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Selain kedua musim tersebut, masyarakat Indonesia mengenal adanya musim pancaroba.

Pancaroba merupakan peralihan antara dua musim, yaitu dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Memasuki musim pancaroba biasanya ditandai dengan adanya cuaca yang berubah-ubah dan cenderung ekstrem.

Selain itu, musim ini juga identik dengan hadirnya berbagai macam penyakit diantaranya seperti demam, flu, batuk, dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut. 

Kebersihan juga tak kalah penting agar hidup kita tetap sehat. Namun, seringkali masyarakat tidak mementingkan kebersihan lingkungan dengan membiarkan sampah berserakan dimana-mana, padahal hidup sehat itu di awali dengan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Hal itu dapat menyebabkan semakin banyaknya tempat perkembangbiakan bakteri. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan yaitu dengan cara membuang sampah pada tempatnya, rajin mencuci tangan, dan memakai pembersih ruangan agar rumah tetap sehat dan terhindar dari bakteri

Afriani Awaliyah
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pangandaran, Jawa Barat

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023