Lawanlah Pancaroba dengan Hidup Sehat


Musim pancaroba dikenal sebagai musim rawan penyakit. Hal ini karena musim pancaroba adalah musim peralihan dari satu musim ke musim lainnya. Saat masuk ke musim peralihan, hujan bisa saja datang tiba-tiba disertai angin kencang dalam waktu singkat, padahal cuaca sebelumnya panas terik. Begitu juga sebaliknya. Perubahan suhu dan cuaca yang tak menentu saat pancaroba ini lah yang dapat dapat membuat seseorang lebih mudah terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan di musim pancaroba.
Umumnya, musim pancaroba ditandai dengan perubahan cuaca  yang tidak menentu, misal dari panas terik mendadak menjadi teduh kemudian hujan. Selain itu, pada musim peralihan ini juga kerap hujan deras disertai angin kencang dan petir yang kerap datang tiba-tiba dalam waktu singkat. Musim peralihan ini umumnya terjadi dua kali dalam setahun.
Perubahan cuaca yang tidak menentu akibat musim peralihan dapat memengaruhi sistem imun tubuh seseorang. Akibatnya, seseorang mungkin akan lebih mudah untuk terkena penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.
Agar tubuh tetap sehat pada saat musim pancaroba, ada beberapa tips untuk selalu menjaga kesehatan saat musim pancaroba  yaitu Banyak Makan Makanan Bergizi, Pola makan yang sehat dapat membantu meningkatkan sekaligus menjaga sistem imun tubuh. Ini sebabnya, supaya kamu dan keluarga senantiasa sehat dan fit, penting untuk mulai mengubah pola makan menjadi yang lebih sehat. Pada prinsipnya, kunci pola makan sehat adalah meminimalisir makanan olahan dan memperbanyak makanan sungguhan (real food).
Istirahat yang Cukup, Banyak orang menyepelekan waktu tidur dan istirahat. Faktanya, kurang tidur dan istirahat bila dibiarkan terus-terusan dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit. Hal inilah yang membuat orang yang kurang tidur dan istirahat lebih mudah terkena berbagai penyakit. Maka dari itu, cara menjaga kesehatan di musim pancaroba juga tak lepas dari anjuran untuk istirahat dan tidur yang cukup. Para ahli menyarankan orang dewasa untuk tidur minimal 7 sampai 8 jam sehari untuk mempertahankan kesehatan.
Rajin Olahraga, Olahraga secara teratur dan terukur sudah terbukti baik untuk tubuh karena selain bikin tubuh bugar, hal tersebut juga membantu meningkatkan sistem imun. Inilah sebabnya, sesibuk apa pun kamu, luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 sampai 45 menit setiap hari.
 Minum Air Putih, Selain berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, cara lain untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah dengan mencukupi kebutuhan air setiap hari. Tak hanya sekadar meredakan rasa haus, banyak minum air juga membantu menjaga kelembapan tubuh, melancarkan asupan oksigen ke seluruh tubuh, hingga mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh melalui keringat atau urin. Idealnya orang dewasa minum air minimal 8 gelas sehari.

Ahmad Fahmi Latif Fadlillah, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023