Kuatkan saudara saudara yang terkena bencana



Di tahun 2021 banyak bencana yang melanda Indonesia, dulu 2020 bencana besar buat seluruh dunia yaitu adanya virus corona yang sampai sekarang belum kunjung hilang. Di Indonesia, berpuluh puluh cobaan datang untuk Indonesia seperti banjir, longsor, dan gempa bumi terjadi di pelosok pelosok Indonesia.
Kemarin pada tanggal 6 desember 2021 terjadi bencana di daerah jawa timur, malang, kecamatan lumajang yaitu meletusnya gunung semeru yang mengakibatkan langit di kabupaten malang mengalami kegelapan di sore hari.
Menurut BNPB Data terbaru mencatat, korban tewas saat ini menjadi 43 orang dan yang hilang ada 13 jiwa. Korban jiwa tersebut ditemukan terkubur oleh abu yang keluar dari gunung semeru tersebut, dan banyak juga rumah rumah yang terkubur oleh abu tersebut.
Sebelum gunung semeru Meletus Menurut pengamatan kegempaan, telah terjadi satu kali gempa letusan dengan amplitudo 14 mm selama 40 detik, satu kali gempa awan panas guguran dengan amplitudo 10 mm selama 201 detik, tiga kali gempa guguran dengan amplitudo 7-10 mm selama 100-200 detik, dan dua kali gempa hembusan dengan amplitudo maksimal 6 mm selama 40-45 detik.
Bencana bencana yang terjadi ini disebabkan oleh campur tangan manusia, misalnya banjir yang terjadi akibat manusia yang sering buang sampah sembarangan dan juga perubahan cuaca yang terjadi akibat lingkungan.
akibat bencana bencana yang terjadi membuat orang orang kehilangan orang terkasih dan juga kehilangan rumah serta isi isinya, setiap orang harus saling menguatkan agar kuat satu sama lain, karena bencana alam tidak pernah tau kapan terjadi. Tetapi di balik itu semua pasti selalu ada hikmahnya allah memberikan bencana alam kepada orang orang tertentu yang menurut allah mampu melewatkannya. Bencana juga sebagai ujian keimanan, sarana untuk intropeksi diri dan yang paling penting juga meningkatkan kesolidaritasan meneguhkan persaudaraan dan kepedulian.
Dan tugas kita yang tidak terkena bencana diharapkan memberikan pertolongan kepada yang terkena bencana, karena bagi mereka itu semua berharga. Karena menolong satu sama lain adalah keharusan bagi manusia, itu tandanya kita memiliki rasa kepdulian yang tinggi.

Tazkia aulia rahmah
Mahasaiwa KPI UIN
Sunan gunung djati Bandung  

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023