Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kuat Imun Menghadapi Musim Pancaroba

Selasa, 14 Desember 2021 | Desember 14, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-13T18:54:53Z

" Selama musim pancaroba, banyak orang yang sering terserang penyakit tertentu, mulai dari batuk pilek, demam berdarah, hingga serangan jantung. Kenapa ini bisa terjadi dan adakah cara yang tepat untuk mencegahnya? "

             Perubahan cuaca seperti yang terjadi pada saat musim pancaroba dapat meningkatkan resiko terjangkitnya berbaga penyakit. Perubahan suhu udara dengan cepat ternyata bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh (imun) serta meningkatkan resiko berkembangnya virus maupun bakteri. Berbagai penyakit tentu akan sangat mudahnya menjangkit seseorang pada saat menghadapi musim pancaroba ini, seperti batuk pilek yang sangat kerap terjadi. Oleh karena itu, pentingnya menguatkan sistem kekebalan tubuh (imun) untuk meminimalisir penyakit-penyakit yang akan menyerang pada tubuh kita.

               Tips menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) kita ini selama musim pancaroba, Langkah terbaik untuk menjaga kesehatan selama musim pancaroba dan terhindar dari berbagai penyakit adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kita dapat melakukannya dengan beberapa cara di bawah ini:

1.       Menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang

Langkah ini bisa kita lakukan dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah serta membatasi asupan makanan berlemak.

2.       Mengonsumsi suplemen vitamin bila dirasa perlu

3.       Rajin berolahraga

Durasi olahraga yang sebaiknya kita lakukan adalah kira-kira setiap 30 menit per hari. Jenis latihannya pun tak perlu terlalu rumit.

4.       Beristirahat

Mencukupi kebutuhan istirahat juga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Salah satunya dengan menerapkan durasi tidur setidaknya 7-9 jam setiap malam untuk orang dewasa.

5.       Mengelola stress

Terdapat berbagai cara untuk mengendalikan stres, misalnya dengan melakukan hobi dan teknik relaksasi (seperti yoga dan latihan pernapasan).

6.       Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Contoh perilaku hidup bersih dan sehat yang mudah dilakukan meliputi rajin mencuci tangan dan memerhatikan kebersihan makanan, supaya kita terhindar dari ancaman penyakit.

Musim pancaroba dapat memengaruhi cara kerja imunitas dan membuat kita rentan terkena beragam penyakit. Meski begitu, ada banyak cara untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Mulai dari menjaga asupan gizi, berolahraga, hingga cukup beristirahat. Selama kita terus menjaga dan meninggkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) dengan konsisten, maka musim pancaroba dapat dilalui tanpa ketakutan akan erbagai serangan penyakit.


 


Saddam Fajar Sidiq, Mahasiswa KPI UIN Bandung
×
Berita Terbaru Update