Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Krisis Toleransi di Indonesia

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:38:04Z


Toleransi berarti sama dengan berbaur tanpa adanya membeda-bedakan baik itu dalam agama, ras dan suku. Adapun ini merupakan hal yang harus di lakukan dimana pun kita berada, terutama di negeri kita tercinta, yakni Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki semboyan yang berbnyi "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya meskipun berbeda-beda, tetapi tetap satu. Ini merupakan bukti bahwa sejatinya toleransi di Indonesia haruslah terjalin dengan baik sebab Indonesia bukan hanya sekedar negara, namun juga memiliki kekayaan budaya yang tidak ada tandingannya dengan orang lain.

Teori tentang pentingnya bertoleransi sebenarnya sudah sangat lama kita dapatkan sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar. Biasanya menggunakan ilustrasi berbagai macam agama dan suku yang saling bergandengan tangan untuk saling bersatu meskipun mereka berbeda.

Mungkin yang namanya teori hanyalah sekadar untuk dihafal. Adapun pada faktana kesenjangan sosial, saling menghna suku dn agama , itu diangap sebagai yangbiasa saja. Bagi orang-orang yan tidak memiliki rasa toleransi, ia akan terus bepikir bagaimana caranya unggul dari orang lain.

Padahal sudah sepantasnya kita sebagai insn Tuhan mampu mengangkat kesejahteraan para manusia yang lain alasannya hanya satu, yakni tidak memberi peluang paa siapapun untuk saling mendebat dan saling mengumpat hanya karena atas nama perbedaan agama, ras dan suku sebagai wujud implementasi kita terhadap semboyan negara kita tersebut.

 

Aliyya Ummu Nahda

Mahasiswa KPI UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update