Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kobarkan Kembali Semangat Gotong Royong

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:36:36Z

Bencana tak hentinya menimpa Indonesia. Pasalnya, setelah rentetan bencana alam yang terjadi di awal tahun, kini gempa, banjir bandang, dan gunung meletus tengah menerpa sejumlah wilayah Nusantara. Duka mendalam tengah dirasakan oleh saudara kita yang sedang berjuang melewatinya. Maka dari itu, perlu kita kobarkan kembali semangat gotong royong. Karena duka mereka, menjadi duka kita bersama.

Kesusahan dan kesedihan merupakan dampak dari terjadinya sebuah bencana. Bagaimana tidak, bencana telah memakan banyak korban jiwa, merusak rumah dan pelbagai sarana prasana. Namun, terjadinya bencana pada dasarnya mengingatkan kita agar bisa lebih peduli terhadap alam. Tak hanya menjadi momen muhasabbah diri, terjadinya bencana juga menjadi pecutan agar kita kembali memperkuat ikatan kesetiakawanan dan memperkokoh persaudaraan. 

Oleh sebab itu, yang dibutuhkan adalah jiwa kemanusiaan dengan semangat persatuan dan kesatuan. Sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, yaitu nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Nilai-nilai ini lah yang perlu diimplementasikan, dengan satu cara, yaitu menggunakan budaya gotong royong.

Jika kita memiliki semangat gotong royong, berarti kita selalu berpikir bagaimana menguatkan sikap untuk saling peduli, saling menghargai, dan saling membantu antar satu sama lain, antar kelompok satu dengan kelompok lain, demi terwujudnya kehidupan bersama yang semakin baik, harmonis, dan damai.

Dengan begitu, bencana ini dapat kita lalui bersama dengan spirit gotong royong. Yang mana, semangat dan energi untuk saling peduli dalam membantu dan menolong para korban tanpa melihat hubungan darah, etnis, dan agama.  Gotong royong harus dilakukan oleh semua lapisan masyarakat, terkhusus para penyelenggara negara. Sebab, gotong royong berarti memikul bersama beban negara dan bangsa ini.

Rayza Fauzan Al Habsy
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update