Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kita Bisa Hadapi Bersama

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:32:04Z

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Definisi tersebut menyebutkan bahwa bencana disebabkan oleh faktor alam, non alam, dan manusia. Oleh karena itu, Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tersebut juga mendefinisikan mengenai bencana alam, bencana nonalam, dan bencana sosial.

Bencana yang kini sedang kita hadapi yaitu menghadapi corona virus. Corona virus bahkan kini terdapat varian baru yakni Omicron. Dikutip dari who.int, World Health Organization (WHO) telah menetapkan varian Omicron masuk ke dalam kategori Variant of Concern (VOC).

Kategori Variant of Concern (VOC) ini diartikan sebagai varian virus Corona yang menyebabkan peningkatan penularan serta kematian dan bahkan dapat mempengaruhi efektivitas vaksin.

Dikutip dari Metro.co.uk, gejala varian Omicron disebutkan "sangat ringan" dan diyakini menunjukkan gejala yang sama seperti varian Covid-19 lainnya.

Adapun ini gejala "Omicron" diantaranya suhu tinggi di bagian dada atau punggung, kelelahan luar biasa, tidak ada penurunan signifikan tingkat saturasi oksigen, tidak mengalami kehilangan rasa atau bau, tenggorokan gatal. Walaupun gejalanya digambarkan sangat ringan, varian Omicron ini dapat menular dengan cepat.

Dengan begitu, kita harus hadapi bersama agar virus corona varian baru ini tidak menyebar sehingga tidak terjadi seperti peristiwa awal adanya corona. Adapun langkah-langkah yang dianjurkan untuk menghadapi omicro ini yaitu menggunakan masker yang pas, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak fisik minimal 1 meter dengan orang lain, meningkatkan ventilasi ruang dalam ruangan, menghindari keramaian, melakukan vaksinasi, lalu ketika batuk atau bersin tutup dengan siku atau tisu yang ditekuk, dan jangan lupa perbanyak berdo'a. Dengan mengikuti setiap langkah untuk mencegah dari corona, maka kita pasti bisa melewati hal ini bersama.

Oleh: Wafiq Nur Agniati
Mahasiswa KPI III D, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
×
Berita Terbaru Update