ketika pancaroba beraksi semua akan berubah


         Seperti yang telah kita ketahui bahwa seluruh negara di dunia pasti mengalami pancaroba. Salah satunya adalah negara kita yaitu Indonesia yang mempunyai 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan dan saat ini kita sedang mengalami pergantian musim dari kemarau menuju hujan di mana kita harus menjaga kesehatan tubuh,imun tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit.

 

         Tak hanya imun tubuh saja yg dapat terkena dampak pancaroba tetapi pertanian, dan pengusaha yang memerlukan cahaya matahari pun terkena dampaknya. Pasti soal kerugian tidak perlu ditanyakan lagi karena sudah pasti mengalami banyak kerugian, karena kualitas produk yang tidak sempurna , tidak memuaskan sehingga konsumen tidak tertarik untuk membeli.

 

          Bencana alam terjadi di mana-mana khususnya banjir yang sudah tak aneh lagi, terhitung ada 53 banjir di Indonesia selama bulan Juli. Hal ini tidak sepenuhnya dari perubahan pancaroba tetapi dari ketidak sadaran masyarakat yang tidak bertanggung jawab , yaitu bembuang sampah ke sungai. Meskipun terdapat UU yang melarang buang sampah sembarangan tetap saja sebagian masyarakat indonesia tutup telinga mengenai hal itu.

 

           Banyak orang terkena penyakit, petani gagal panen atau kurang maksimal,bencana alam. Hal itu yang terjadi ketika pancaroba berlangsung tetapi ada satu pertanian yang beruntung yaitu padi karena harus terus memerlukan air. Jadi di dalam hidup itu tak luput dari berpasang-pasangan seperti negative pasti ada positifnya , begitu pun hal yang lainnya.

 

             Ketika mengetahui bahwa sekarang sedang mengalami pancaroba sepatutnya menjaga diri agar selalu sehat , tidak membuang sampah sembarangan tetapi bukan hanya ketika pancaroba saja tetapi untuk selamanya, dan untuk pertanian yang kurang beruntung untuk selalu tabah dan yakin bahwa Tuhan tidak pernah tidur.

 

Resi Tri Rahayu Saripudin

Mahasiswi Uin Sunan Gunung Djati Bandung

 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023